Round-up

Cerita Irjen Supratman Tahu Positif Corona Usai Sertijab Kapolda

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 13 Mei 2020 07:26 WIB
Kapolri Pimpin Sertijab Irwasum, Kabaintelkam dan 9 Kapolda
Acara sertijab pejabat utama Polri dan 9 Kapolda pada Jumat, 8 Mei 2020 (Foto: dok. istimewa)
Jakarta -

Irjen Supratman yang saat ini menjabat Analis Kebijakan Utama Bidang Sespim Lemdiklat Polri terpapar virus corona (COVID-19). Irjen Supratman positif corona dari hasil uji swab.

Hal itu diungkapkan Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah. Supratman masuk dalam daftar 23 orang positif COVID-19 yang diumumkan tim gugus tugas percepatan penanganan COVID-19 Provinsi Bengkulu pada Sabtu (09/05) lalu.

Sehari sebelumnya, Supratman menghadiri acara serah terima jabatan (sertijab) pejabat utama Polri dan 9 Kapolda yang dipimpin Kapolri Jenderal Idham Azis karena sebelum jabatan baru ini dia menjabat sebagai Kapolda Bengkulu yang saat ini digantikan Brigjen Teguh Sarwono.

Supratman diduga terpapar virus corona saat masih bertugas di Bengkulu.Meski begitu, Rohidin mengatakan kondisi Supratman dalam keadaan sehat dan tidak ada gejala apapun.

"Kita doakan saja mudah-mudahan beliau segera sehat. Sekali lagi ini bukanlah sebuah aib, bukan juga sebuah kesalahan tapi memang wabah ini bisa menyerang siapa saja. Beliau saat ini dalam kondisi sehat. Beliau juga telepon saya mengatakan jika dia tidak memiliki gejala apapun. Beliau disiplin melakukan isolasi dan penanganan dengan baik" kata Rohidin di Bengkulu, Senin (11/5/2020) seperti dilansir Antara.

Lebih lanjut, Polri akan mengambil langkah-langkah medis untuk mencegah kemungkinan penularan virus Corona terhadap para pejabatnya yang hadir di acara tersebut. Polri menuturkan Pusat Kedokteran dan Kesehatan (Pusdokkes) Polri akan mempertimbangkan perlu tidaknya dilakukan tes cepat (rapid test) atau swab test kepada orang-orang yang ada di acara sertijab tersebut.

"Sehari sebelum hasil uji swab diumumkan, Irjen Supratman menghadiri sertijab para perwira di Rupatama Mabes Polri, Jumat 8 Mei lalu. Irjen Supratman menerima jabatan baru sebagai Analis Kebijakan Utama Bidang Sespim Lemdiklat Polri. Tentunya akan ada langkah langkah yang akan di ambil oleh Mabes Polri terkait hal ini," kata Kadiv Humas Polri, Brigjen Argo Yuwono, dalam keterangan tertulisnya, Selasa (12/5/2020).

"Kami punya Pusat Kedokteran dan Kesehatan (Pusdokkes) Polri, nantinya langkah yang akan di ambil seperti apa, apakah akan di-rapid test ulang atau di tes swab akan dibicarakan," lanjut Argo.

Selanjutnya
Halaman
1 2