ADVERTISEMENT

Sumbar Terapkan PSBB tapi Warga Berkerumun saat Pembagian BLT Kemensos

Jabbar Ramdhani, Jeka Kampai - detikNews
Selasa, 12 Mei 2020 21:27 WIB
Warga berkerumun di Kantor Pos Padang di sela pembagian BLT dari Kemensos terkait pandemi Corona (dok. Istimewa)
Foto: Warga berkerumun di Kantor Pos Padang di sela pembagian BLT dari Kemensos terkait pandemi Corona (dok. Istimewa)
Padang -

Pembagian bantuan langsung tunai (BLT) kepada warga di Padang, Sumatera Barat (Sumbar), dilakukan lewat kantor Pos Padang. Kondisi ini membuat sejumlah orang berkerumun.

Foto-foto berkerumunnya orang di kantor Pos Padang saat pembagian BLT dari Kementerian Sosial (Kemensos) beredar. Tak ada jarak antara warga yang ada di lokasi.

Diketahui, Sumbar memberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) untuk memutus rantai penyebaran virus Corona (COVID-19).

Kasatpol PP Padang, Alfiadi, mengatakan pihaknya sudah mengingatkan agar pembagian BLT tetap memperhatikan protokol kesehatan. Kursi-kursi sempat diatur agar jarak tetap terjaga.

"Saya sebagai petugas sudah mendatangi dan sudah menyampaikan ke Pos, agar dia melakukan pola physical distancing. Tadi pun dia sudah beri kursi-kursi dengan jarak sesuai anjuran sesuai apa yang kita sampaikan kemarin. Cuma kan masyarakat kita ini ingin dapat cepat tapi susah diatur," kata Alfiadi saat dihubungi, Selasa (12/5/2020).

Dia mengatakan Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah, juga sempat mendatangi lokasi dan berbicara dengan pihak kantor Pos untuk membahas solusi terbaik. Pihak Satpol PP bersama TNI-Polri akan memberi pengawasan sekaligus imbauan ke masyarakat dalam proses pembagian BLT di hari selanjutnya.

"Besok kalau tidak ada perubahan, kita ambil sikap. Kita atur semaksimal mungkin. Memang akan terlambat dan kena panas. Tapi memang seperti itu yang harus dilakukan. Cuma kan pola pembagiannya, Pos yang tahu. Tapi itu sudah disampaikan. Mereka juga punya satpam, kita juga punya tim juga. Pokoknya jangan berkerumun. Kita ingatkan pakai masker, jaga jaraknya," ungkap Alfiadi.

(jbr/idh)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT