Perkuat Sinergitas Penanganan Corona, Kapolda NTB Kunjungi Kabinda-Korem

Faruk - detikNews
Selasa, 12 Mei 2020 20:04 WIB
Kapolda NTB Irjen M Iqbal mengunjungi Korem 162/WB hingga ulama besar NTB Tuan Guru Lalu Turmuzi (dok. Istimewa)
Kapolda NTB Irjen M Iqbal mengunjungi Korem 162/WB hingga ulama besar NTB, Tuan Guru Lalu Turmuzi. (Foto: Istimewa)
Mataram -

Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB) Irjen Muhammad Iqbal mengunjungi sejumlah mitra dalam mengawal keamanan dan ketertiban di wilayah hukumnya. Bersama pejabat Polda NTB, Iqbal mengunjungi Kepala BIN Daerah NTB dan Korem 162/Wira Bhakti.

Iqbal awalnya mengunjungi Kabinda NTB Ir Wahyudi Adisiswanto. Pada kunjungannya itu, Iqbal didampingi oleh Dirintelkam, Kabid Propam, Dirbinmas, dan Kabid Humas Polda NTB.

Selain memperkenalkan diri sebagai pejabat baru, kunjungan ini dilakukan untuk mensinergikan tugas-tugas yang menyangkut stabilitas keamanan. Selain itu, dibahas soal upaya penanganan wabah virus Corona di NTB.

Setelah itu, mereka mengunjungi Markas Korem 162/Wira Bhakti. Kunjungan ini dilakukan untuk memperkuat sinergi antara TNI dan Polri. Danrem 162/WB Kolonel CZI Ahmad Rizal Ramdhani beserta para perwira staf Korem 162/WB menerima kedatangan rombongan Polda NTB.

Kapolda NTB Irjen M Iqbal mengunjungi Korem 162/WB hingga ulama besar NTB, Tuan Guru Lalu Turmuzi. (Foto: Istimewa)

"Alhamdulillah diterima sangat hangat dengan nuansa keakraban oleh Danrem dan jajaran. Kami sepakat akan terus menguatkan sinergitas dan soliditas TNI-Polri," kata Iqbal dalam keterangannya, Selasa (12/5/2020).

Dia mengatakan sinergi TNI-Polri sangat dibutuhkan dalam berbagai tugas negara maupun penanganan bencana. Oleh karena itu dibutuhkan soliditas dari level atas sampai tingkat bawah. Iqbal menyampaikan apresiasi atas sinergi yang telah terjalin.

"Semoga sinergitas dan soliditas yang selama ini telah berjalan dengan baik lebih kita tingkatkan lagi, terutama terkait penanganan COVID-19 di wilayah NTB seperti pendirian dapur umum TNI-Polri dan penyaluran makanan serta sembako kepada masyarakat yang telah mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak. Serta pengawasan dan pengawalan Bansos kepada masyarakat terus kita tingkatkan sehingga penyalurannya tepat sasaran," ungkapnya.

Pada hari ini, Iqbal juga bersilaturahmi ke Pondok Pesantren Qhomarul Huda Bagu Pringgarate di Lombok Tengah. Mantan Kadiv Humas Polri itu menemui ulama ternama dan berpengaruh di NTB, Tuan Guru Lalu Ahmad Turmudji atau yang dikenal dengan panggilan Tuan Guru Bagu.

Kapolda NTB Irjen M Iqbal bersama ulama besar NTB Tuan Guru Lalu Turmuzi. (Foto: Istimewa)

Selain silaturahmi, Kapolda NTB memberikan bantuan dan sumbangan berupa bahan kebutuhan pokok untuk para santri dan santriwati yang tengah belajar di pondok pesantren. Bantuan tersebut diterima langsung oleh Tuan Guru Lalu Turmuzi.

"Tujuannya sama, yaitu untuk memperkenalkan diri sebagai pejabat Kapolda NTB yang baru. Akan tetapi, ini untuk mendapat masukan dari tokoh agama serta dukungan spiritual dalam melayani masyarakat NTB yang mayoritas beragama Islam dan masih kental dengan adat istiadatnya," kata Kabid Humas Polda NTB Kombes Artanto.

(jbr/idh)