Kota Bekasi Akan Miliki Terminal Tipe A di Jatiasih

Andi Saputra - detikNews
Selasa, 12 Mei 2020 15:38 WIB
terminal merak
Ilustrasi Terminal. (Iqbal/detikcom)
Jakarta -

Masyarakat Kota Bekasi akan memiliki terminal baru yang lebih megah dan strategis. Lokasinya di Kecamatan Jatiasih dan tepat berada di pintu exit tol Jatiasih.

Hal itu tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 60 Tahun 2020 tentang Tata Ruang Wilayah Perkotaan Jabodetabek Puncak-Cianjur (Punjur) yang ditandatangani Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 60 Tahun 2020 itu diproyeksikan Bekasi sebagai kota satelit utama Jakarta.

Terminal baru itu nanti masuk kategori terminal tipe A. "Tipe A berfungsi melayani kendaraan umum untuk angkutan antarkota antarprovinsi, antarkota dalam provinsi, angkutan kota, dan/atau angkutan perdesaan," demikian bunyi Pasal 31 ayat 4 huruf A Perpres 60 Tahun 2020 yang dikutip detikcom, Selasa (12/5/2020).

Dalam lampiran peta, Terminal Jatiasih akan dibangun di lahan kosong sebelum pintu keluar tol Jatiasih atau dari arah Kampung Rambutan sebelah kiri. Dari pintu keluar Terminal Jatiasih itu, akan dibangun tol hingga Purwakarta (Cikampek II). Dengan begitu, bila sudah jadi, bus yang keluar dari tol (Cikampek I dan tol Cikampek 2) akan langsung masuk ke dalam terminal seluas 3 hektare itu.

Rencananya, selain untuk terminal, akan dibangun mal dan hotel. Jadi satu kawasan terintegrasi dengan pusat perbelanjaan. Nantinya Terminal Kota Bekasi di Jl Juanda tetap berfungsi tetapi diturunkan kelasnya menjadi Tipe B.

Bila ditarik dalam jalur JORR II, Terminal Jatiasih ini akan diapit oleh Terminal Kampung Rambutan dan Terminal Pulo Gebang.

Berikut ini daftar Terminal Tipe A di Jabodetabek Punjur sesuai Perpres 60/2020:

Jakarta Barat: Terminal Kalideres
Jakarta Timur: Kampung Rambutan dan Pulo Gebang
Bogor: Baranangsiang, Cibinong dan Tanah Baru
Depok: Jatijajar
Tangerang: Poris Plawad, Balaraja, Pondok Cabe
Bekasi: Cikarang dan Jatiasih

(asp/idn)