Warga Berkerumun di Penutupan McD Sarinah, IDI Minta DKI Tegas!

Isal Mawardi - detikNews
Selasa, 12 Mei 2020 08:49 WIB
Restoran siap saji McDonalds Sarinah akan tutup permanen. Yuk lihat lagi sudut-sudut penuh cerita di gerai McD pertama di Indonesia ini.
Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Warga berkerumun melihat penutupan salah satu gerai McDonald's (McD) Sarinah. Ikatan Dokter Indonesia (IDI) meminta Pemerintah Provinsi DKI untuk tegas menerapkan kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

"Kita kan masih di masa PSBB tentu protokol kesehatan harus dipatuhi, memang kita berulang kali koordinasi termasuk mengimbau supaya pemerintah ini bisa tegas terkait pelaksanaan PSBB," ujar Humas IDI dr Halik Malik ketika dihubungi, Senin (11/5/2020).

Menurut Halik, tanpa adanya ketegasan pemerintah, kerumunan-kerumunan massa ini akan sering ditemui. Ia juga meminta warga untuk menjalankan maklumat serta protokol kesehatan dari pemerintah terkait pencegahan penularan Corona.

"Kami dengar otoritas setempat sudah memberikan imbauan kepada warga masyarakat yang sempat hadir di acara tersebut (penutupan McD) untuk bisa menilai kondisi diri masing-masing dan bisa memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan terdekat (jika terdapat gejala)," kata Halik.

Diketahui, McD Sarinah resmi melakukan penutupan gerai secara permanen pada Minggu (10/5) malam. Berdasarkan video yang beredar di media sosial, acara tersebut membuat warga berkerumun untuk menyaksikan penutupan itu. detikcom sudah meminta tanggapan pihak McDonalds, namun belum ada pernyataan.

(isa/gbr)