Satpol PP DKI Sesalkan McD Sarinah Umumkan Penutupan Gerai ke Publik

Isal Mawardi - detikNews
Selasa, 12 Mei 2020 07:27 WIB
Restoran siap saji McDonalds Sarinah akan tutup permanen. Yuk lihat lagi sudut-sudut penuh cerita di gerai McD pertama di Indonesia ini.
Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Warga berkerumun saat restoran cepat saji McDonald's (McD) Sarinah Thamrin menutup gerainya. Satpol PP DKI mempertanyakan pihak pengelolah McD mengumumkan tanggal penutupan sehingga membuat warga berkerumun.

"Saya sempat dengar diberitahukan kepada (masyarkat) di beberapa sosial media maupun radio bahwa mereka (McD) akan mengadakan penutupan tempat usaha pada jam sekian, pada tanggal sekian, disebutkan sehingga mengundang pihak-pihak lain untuk datang ke tempat itu, kalau ditutup ya sudah tutup saja, nggak ada masalah kan," ujar Kepala Satpol PP DKI Jakarta Arifin ketika dihubungi detikcom, Senin (11/5/2020).

"Jadi nggak usah pakai diumumkan begitu," tutur Arifin.

Arifin tidak mengetahui pasti apakah McD Sarinah memiliki izin untuk menyelenggarakan acara penutupan. Namun, kata Arifin, pemerintah provinsi DKI Jakarta tidak pernah mengeluarkan izin keramaian selama masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

"Kalau izin saya nggak tahu ya tapi yang jelas dari pemerintah daerah itu nggak pernah mengeluarkan izin apalagi dalam ketentuan massa COVID seperti ini tidak mungkin ada izin yang dikeluarkan, jadi tidak ada izinnya," ujar Arifin.

Arifin menuturkan pihaknya juga menemukan sejumlah pelanggaran dari penutupan gerai McD Sarinah itu. Selain karena kerumunan massa, sebagian warga yang berkumpul tidak menggunakan masker.

"Kita juga kemarin negur bukan hanya sekadar kerumunan tapi juga ada juga yang tidak menggunakan masker," imbuh Arifin.

Arifin meminta kepada seluruh masyarakat maupun perusahaan untuk mentaati PSBB DKI agar menekan penyebaran virus Corona. Satpol PP DKI akan terus melakukan patroli agar kebijakan PSBB dapat berjalan dengan baik.

Diketahui, McD Sarinah resmi melakukan penutupan gerai secara permanen pada Minggu (10/5) malam. Berdasarkan video yang beredar di media sosial, acara tersebut membuat warga berkerumun untuk menyaksikan penutupan itu.

detikcom sudah meminta tanggapan pihak McDonalds, namun belum ada pernyataan.

(isa/gbr)