Round-Up

Jokowi Kembali Wanti-wanti Perihal Pemulangan TKI

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 12 Mei 2020 04:17 WIB
Presiden Jokowi
Presiden Jokowi (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Kepulangan puluhan ribu pekerja migran ke Tanah Air menjadi perhatian serius Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dia kembali mewanti-wanti jajarannya untuk memantau kedatangan para TKI tersebut agar tak terjadi gelombang kedua penularan virus Corona (COVID-19).

Arahan Jokowi mengenai kepulangan para pekerja migran ini awalnya disampaikan saat membuka rapat terbatas seperti disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (4/5/2020). Saat itu Jokowi menyebut sudah ada 89 ribu pekerja migran yang pulang ke Tanah Air.

"Ini betul-betul harus ditangani dan dikawal secara baik di lapangan sehingga jangan sampai muncul gelombang kedua," ujar Jokowi saat membuka rapat terbatas seperti disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (4/5/2020).

Jokowi mengatakan angka tersebut pun akan terus bertambah. Setidaknya 16 ribu lagi pekerja migran akan kembali ke Indonesia.

"Akan bertambah lagi kemungkinan 16 ribu," ujarnya.

Karena itu, Jokowi meminta para pekerja migran ini untuk dimonitor secara ketat. Terutama terkait dengan potensi penyebaran virus COVID-19 dalam klaster pekerja migran.

"Ini betul-betul harus ditangani dan dikawal secara baik di lapangan, sehingga jangan sampai muncul gelombang kedua," pungkas Jokowi.