Petugas Medis RSUD dr Haulussy Ambon Jalani Rapid Test, Ditempatkan di Hotel

Muslimin Abbas - detikNews
Senin, 11 Mei 2020 20:25 WIB
Poster
Foto: Ilustrasi virus Corona (Edi Wahyono/detikcom)
Ambon -

Kadis Kesehatan Provinsi Maluku dr Meykel Pontoh mengatakan tim medis yang bekerja di RSUD dr Haulussy-Ambon mengikuti rapid test. Gubernur Maluku Murad Ismail tempatkan tim kesehatan yang berhadapan langsung dengan pasien COVID-19 ditempatkan di hotel.

"Ada (rapid test). Banyak sekali, ada rapid test, kedua itu ada juga beberapa ruangan, jadi belum tahu rinciannya. Kalau totalnya lebih (100 orang) termasuk dokter dan di semua ruangan" kata dr Meykel Pontoh di lantai 6 kantor Gubernur Maluku, Senin (11/5/2020).

Dengan adanya rapid test terhadap tim kesehatan, untuk sementara ini RSUD Dr Haulussy-Ambon tidak melayani pasien selama 14 hari ke depan.

"Sementara ini tidak ada pelayanan selama 14 hari," sebut dia.

Sementara itu, Gubernur Maluku Murad Ismail menyampaikan tim medis yang merawat pasien COVID-19 tidak diizinkan pulang ke rumah demi pencegah penyebaran COVID-19 kepada keluarga mereka ditempatkan di hotel.

"Kita kasih tinggal di hotel karena ada beberapa yang positif itu dari anaknya perawat yang berhubungan sama mereka (perawat) terdampak positif, akhirnya kita sekarang dokter yang gugus tugas untuk pandemi ini yang langsung di rumah sakit kita kasih tinggal di hotel, Hotel Atlalntik. Kita tidak mau mereka pulang ke rumah," kata Gubernur Maluku Murad Ismail.

Tim kesehatan yang berhadapan langsung dengan pasien COVID-19 yang ditempatkan di hotel akan dibiayai oleh Pemerintah Daerah Maluku. Dan bila tidak ada biaya, Murad siap membiayai.

"Dibiayai sama kita (Pemda Maluku). Kalau Pemda tidak ada biaya, saya yang biayai," tegas Murad.

(gbr/gbr)