Ferdian Paleka Di-bully Tahanan, Amnesty Indonesia: Pelanggaran HAM!

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Senin, 11 Mei 2020 19:38 WIB
Ferdian Paleka Di-bully
Ferdian Paleka dengan kepala plontos. (Tangkapan Layar Video Viral)
Jakarta -

YouTuber Ferdian Paleka bersama dua temannya mendapat perundungan dari sesama tahanan di rumah tahanan (rutan) Mapolrestabes Bandung. Amnesty Internasional Indonesia menilai hal ini termasuk tindakan penganiayaaan yang melanggar hak asasi manusia (HAM).

"Penganiayaan seperti itu adalah pelanggaran HAM. Pihak berwenang harus menjamin proses hukum Ferdian berjalan dengan adil," kata Direktur Eksekutif Amnesty International Indonesia Usman Hamid dalam keterangan tertulis, Senin (11/5/2020).

Usman tidak membenarkan tindakan Ferdian cs yang membagikan makanan berisi sampah kepada transpuan. Namun ia menegaskan tindakan penganiayaan juga tidak bisa dibenarkan karena melanggar hukum.

"Tindakan Ferdian terhadap para transpuan seperti yang ditayangkan di akun YouTube-nya tidak dapat dibenarkan. Tapi tidak berarti ia boleh dan pantas dianiaya dan diperlakukan dengan tindakan yang melanggar hukum," ungkapnya.

Usman menilai setiap tahanan berhak mendapatkan perlindungan dan rasa aman selama di penjara. Terlepas dari status mereka sebagai tersangka ataupun terpidana kasus kejahatan apapun.

"Segala tindakan kekerasan dan penganiayaan, seperti yang diduga dilakukan oleh para tahanan lain dalam video tersebut, tidak dapat dibenarkan. Siapa pun yang berada dalam tahanan, terlepas dari apakah mereka tersangka atau terpidana atau kejahatan apa pun yang dituduhkan terhadap mereka, berhak mendapatkan perlindungan dan rasa aman selama masa penahanan dan bebas dari tindakan kejam dari tahanan lain," lanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2