Dubes Tantowi Bicara 5 Kunci Sukses Selandia Baru Atasi Corona

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Senin, 11 Mei 2020 14:15 WIB
Tantowi Yahya
Tantowi Yahya (Foto: dok. Kedubes RI)
Jakarta -

Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) RI untuk Selandia Baru, Samoa dan Kerajaan Tonga, Tantowi Yahya, berbicara mengenai kesuksesan Selandia Baru dalam menangani virus Corona (COVID-19). Tantowi mengatakan ada 5 faktor yang melatarbelakangi keberhasilan Selandia Baru.

Pertama, Selandia Baru merupakan negara yang paling terakhir terdampak virus Corona. Karena itu, kata Tantowi, mereka memiliki banyak waktu untuk mempelajari penanganan wabah COVID-19 dari negara lain.

"Tidak ada pemimpin dunia yang siap, tapi untuk kasus Selandia Baru saya bisa katakan dia siap, karena dia pelajari dari Singapura, belajar dari Wuhan, mereka pelajari betul karena sooner or later virus ini (pasti) akan masuk. Dan benar, 28 Februari case pertama. Dan mereka sigap," kata Tantowi Yahya dalam siaran langsung di Youtube BNPB, Senin (11/5/2020).

Kedua, Tantowi mengatakan, negara yang berada dalam ring of fire ini memiliki kebijakan yang sifatnya jelas dan konsisten. Kebijakan dan peraturan yang dikeluarkan selalu berdasarkan ilmiah, pendapat ahli, dan akademisi.

"Dengan pola seperti ini, sulit kita bayangkan ada policy yang meleset atau tidak tepat dengan apa yang harus diatur dengan peraturan tersebut. Kemudian peraturan tersebut dilaksanakan konsisten, bahkan firm," ujarnya.

"Kebenaran, di sini untuk membuat UU tidak seruwet negara lain, katakanlah Indonesia. Mereka cuma butuh waktu beberapa hari, bahkan minggu," imbuh Tantowi.

Selanjutnya
Halaman
1 2