Sepekan PSBB Gowa, Polisi Amankan 1.000 Warga Bandel

Hermawan Mappiwali - detikNews
Senin, 11 Mei 2020 13:53 WIB
Poster
Foto: ilustrasi PSBB
Gowa -

Pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel) telah memasuki hari ketujuh. Dalam sepekan pelaksanaan PSBB Polres Gowa telah mengamankan 1.000 warga yang bandel.

"PSBB pekan pertama itu kita amankan kurang lebih 1000 orang, karena setiap malamnya saja itu kita patroli, kita bisa mengamankan 100 sampai 150 orang," ujar Kasat Reskrim Polres Gowa AKP Jufri Natsir kepada wartawan, Senin (11/5/2020).

Jufri menyebut pekan pertama pelaksanaan PSBB di Gowa mengalami kemajuan yang baik. Hal ini setelah pihaknya terus melakukan sosialisasi larangan kumpul-kumpul hingga batasan jam malam bagi warga dan pelaku usaha, meski tetap ada warga yang membandel.

"Jadi saya rasa kita semua sudah melihat, setiap malam tim gabungan melakukan patroli ke sejumlah wilayah," katanya.

Tim dari Polres Gowa yang berpatroli setiap malam selama PSBB selalu menemukan anak muda yang berkumpul di satu wilayah. Mereka langsung digelandang ke Polres Gowa untuk selanjutnya diminta membuat surat pernyataan agar tidak mengulangi kesalahan.

"Belum lagi batasan jam malam bagi pelaku usaha, kita beri waktu buka sampai pukul 21.00 Wita, kita tegas sampai pukul 22.00 Wita itu sudah tidak ada lagi yang buka sehingga pasti kegiatan-kegiatan masyarakat pasti berkurang," tuturnya.

Selama PSBB Polres Gowa juga membatasi wilayah perbatasan Gowa, khususnya yang berbatasan dengan Kota Makassar. Setiap pengendara tak memiliki KTP Gowa dan hendak memasuki wilayah Gowa diminta untuk langsung berputar balik.

"Jadi saya rasa PSBB ini sangat berpengaruh terhadap berkurangnya warga yang kumpul-kumpul, karena setiap malam patroli, kalau kita temukan pasti langsung kita angkut, tidak ada kata tidak, ini memiliki efek jera," imbuhnya.

Selain itu seluruh warga bandel yang diamankan langsung dilakukan rapid test virus Corona (COVID-19). Namun belum ada pelanggar yang ditemukan reaktif virus Corona.

(nvl/nvl)