Kembali Mencuri, Napi Asimilasi Dihadiahi Timah Panas Saat Ditangkap Polisi

Hasrul Nawir - detikNews
Sabtu, 09 Mei 2020 08:31 WIB
Polda Metro Jaya tangkap 10 orang pelaku pencurian kendaraan bermotor bersenjata api. Satu di antaranya ditembak mati karena melawan saat akan ditangkap polisi.
Ilustrasi (Foto: Lamhot Aritonang)
Jakarta -

Dinginnya sel tahanan sepertinya tidak membuat kapok Ainun alias Buyung (34), warga Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan. Belum cukup sebulan menikmati udara bebas Napi Asimilasi di Lapas Kelas IIB Parepare ini kembali beraksi.

Pelaku diamankan oleh Tim Crime Hunter Polres Parepare saat bersembunyi di rumah salah satu rekannya, Sabtu (9/5) dini hari. Tidak tanggung-tanggung, selama bulan Mei 2020, Ainun telah beraksi sebanyak 3 kali di Kota Parepare.

"Dia merupakan napi asimilasi yang baru saja bebas, sudah 5 kali keluar masuk Lapas dengan kasus pencurian dengan pemberatan," kata Katim Crime Hunter Polres Parepare, Aiptu Faesal kepada wartawan, Sabtu (9/5/2020).

Faesal mengatakan saat hendak dilakukan pengembangan kasus, pelaku mencoba melarikan diri dan melawan petugas. Menurutnya, setelah diberi peringatan oleh polisi dan tidak digubris akhirnya pelaku diberi tindakan tegas dan terukur.

"Tembakan peringatan 3x ke udara tidak ia indahkan, akhirnya tim melumpuhkan pelaku dengan timah panas pada bagian kaki pelaku," katanya.

Dari tangan pelaku diamankan barang bukti berupa beberapa buah TV, HP, laptop, hingga tabung gas yang dicuri oleh pelaku dari 3 rumah yang disatroni. Selanjutnya pelaku beserta barang bukti dibawa dan diamankan ke Polsek Bacukiki Kota Parepare guna proses hukum lebih lanjut.

"Modusnya pelaku masuk ke dalam rumah milik saat korban sedang tertidur dengan cara mencungkil pintu jendela rumah milik korban, lalu mengambil barang berharga di dalam rumah," pungkasnya.

Simak video Ada Napi Kembali Berulah Usai Bebas, Komnas HAM: Cabut Asimilasinya!:

(fas/fas)