Bupati Lumajang Vs Boltim Ribut di Era Corona, Ini Perbandingan Daerahnya

Danu Damarjati - detikNews
Jumat, 08 Mei 2020 17:15 WIB
Beredar video adu mulut antara Bupati Lumajang Thoriqul Haq vs Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Sehan Salim Landjar. Mereka adu mulut soal bantuan untuk masyarakat di tengah wabah Corona.
Foto: Tangkapan Layar
Jakarta -

Bupati Lumajang Thoriqul Haq dan Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sehan Salim Landjar terlibat adu mulut soal penanganan virus Corona di daerah. Sebenarnya, bagaimana kondisi wabah Corona di dua daerah yang masing-masing dipimpin Thoriq dan Sehan?

Perbandingan berikut ini dihimpun detikcom dari data Badan Pusat Statistik (BPS), data terkait COVID-19 dari situs pemerintahan provinsi dan kabupaten masing-masing wilayah, dan dari situs Kementerian Keuangan (Kemenkeu), hingga Jumat (8/5/2020) pukul 15.00 WIB.

Thoriq memimpin Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur. Wilayah Lumajang memiliki luas 1.790,90 km persegi. Jumlah penduduknya 1.042.395 jiwa dengan kepadatan penduduk 582 jiwa/km persegi.

Lumajang dan Boltim (Google Maps)Lumajang (Google Maps)

Sehan memimpin Kabupaten Boltim, Provinsi Sulawesi Utara. Boltim punya luas wilayah 910,18 km persegi. Jumlah penduduk Botim ada 72.408 jiwa (menurut proyeksi BPS 2020). Kepadatan penduduknya adalah 0,097 jiwa/km persegi.

Dari perbandingan di atas terlihat, Lumajang punya wilayah hampir dua kali lipat lebih luas ketimbang Boltim. Jumlah penduduk Lumajang juga lebih banyak dan lebih padat ketimbang Boltim.

Lumajang dan Boltim (Google Maps)Boltim (Google Maps)

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2 3