2 Pekerja Industri Positif Corona, Gugus Tugas Cilegon Pantau Karyawan Lain

M Iqbal - detikNews
Jumat, 08 Mei 2020 16:56 WIB
Poster
Ilustrasi Virus Corona (Edi Wahyono/detikcom)
Cilegon -

Dua pekerja industri di Ciwandan, Cilegon, dinyatakan positif virus Corona. Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Cilegon memastikan akan terus memantau status karyawan lainnya dan penerapan protokol kesehatan di perusahaan tempat dua karyawan yang positif itu bekerja.

Dua pekerja diketahui bekerja di perusahaan kontraktor PT IKPT yang sedang menggarap proyek di kawasan PT Chandra Asri Petrochemical.

"Gugus Tugas COVID-19 Cilegon tetap memantau dan berkoordinasi dengan Kabupaten Serang karena wilayah kerjanya ada di Kota Cilegon. Kita memantau protokol dan prosedur penanganan COVID-19 bagi karyawan yang bekerja di Chandra Asri itu," kata jubir Gugus Tugas COVID-19 Cilegon, Aziz Setia Ade, saat dimintai konfirmasi wartawan, Jumat (8/5/2020).

Pekerja yang positif Corona tinggal dan bermukim di mes perusahaan di wilayah Anyer, Kabupaten Serang. Untuk itu, penanganan dan kontak tracing-nya dilakukan Dinkes Kabupaten Serang.

"Dua orang tersebut tinggalnya di mes yang disediakan oleh PT IKPT di Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang. Karena dua orang itu tinggalnya di wilayah Kabupaten Serang, maka semua tracing contact-nya ditangani oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Serang karena masuknya wilayah Kabupaten Serang. Jadi yang menangani adalah Kabupaten Serang," ujarnya.

Meski demikian, Aziz mengatakan pihaknya akan terus mengontrol dan berkoordinasi baik dengan perusahaan maupun Dinkes Kabupaten Serang.

"Terkait karyawan lainnya yang bekerja di IKPT dilakukan rapid test oleh perusahaan tersebut sendiri karena semuanya tanggung jawab perusahaan. Artinya, kita-kita memantau rapid test, me-WFH-kan karyawan yang sudah di-tracing oleh Dinkes Kabupaten Serang," ujarnya.

(zak/zak)