Perampok Satroni Rumah Warga di Kalideres, Modusnya Mematikan Listrik

Isal Mawardi - detikNews
Jumat, 08 Mei 2020 16:22 WIB
intrusion of a burglar in a house inhabited
Foto: iStock
Jakarta -

Seorang pria berinisial HO (42) melakukan aksi percobaan perampokan di salah satu rumah warga di Kalideres, Jakarta Barat. Demi melancarkan aksinya, pelaku memutus aliran listrik rumah korban.

"Belum terjadi perampokan (masih percobaan perampokan)," ujar Kapolsek Kalideres Kompol Indra Maulana saat dihubungi detikcom, Jumat (8/5/2020).

Peristiwa itu terjadi di Perumahan Citra 2, Pegadungan, Kalideres, Jakarta Barat, pada Rabu (6/5) dini hari. Setelah aliran listrik dimatikan, pelaku masuk ke dalam rumah korban.

Namun aksi pelaku diketahui korban. Korban sempat melawan pelaku.

"Seorang penghuni mengalami luka-luka setelah berduel dengan perampok, beruntung tidak ada harta benda yang hilang atas insiden tersebut," ujar Indra.

Polisi pun turun tangan mengusut kasus ini. Polisi mendapatkan sejumlah sidik jari di sejumlah titik di rumah korban.

Untuk mengetahui keberadaan pelaku, anjing pelacak diterjunkan. Hasil penelusuran anjing pelacak mengarah kepada sebuah bangunan yang ada di samping korban.

Diketahui, di situ terdapat kuli bangunan. Polisi kemudian mencocokkan sidik jari kuli bangunan tersebut.

"Setelah mendapatkan hasil sidik jari tersebut kemudian kami mencocokkan dengan pekerja bangunan yang sedang merenovasi tepat di sebelah rumah korban dan hasil sidik jarinya tersebut mirip dengan salah satu pekerja bangunan tersebut," ujar Indra.

Pelaku ditangkap pada Rabu (6/5) malam. Pelaku terpaksa melakukan percobaan perampokan karena terdesak masalah ekonomi.

"Jadi (pelaku) ini tukang bangunan yang kerja di komplek yang sama, karena kebutuhan ekonomi aja makanya dia nekat meski nggak berhasil," tandasnya

(isa/mei)