BMKG Jelaskan Panduan Evakuasi Darurat Tsunami di Masa Pandemi COVID-19

Yulida Medistiara - detikNews
Jumat, 08 Mei 2020 13:36 WIB
Ilustrasi tsunami
Ilustrasi Tsunami/Foto: Thinkstock
Jakarta -

BMKG menjelaskan panduan evakuasi darurat peringatan dini tsunami di masa pandemi COVID-19. BMKG meminta agar masyarakat tetap memperhatikan protokol kesehatan pencegahan penyebaran COVID-19, misalnya dengan tetap menjaga jarak.

"Dalam melakukan evakuasi mandiri sebisa mungkin masyarakat tetap memperhatikan jaga jarak fisik, menggunakan masker, dan harus mengikuti kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di daerah masing-masing khususnya bagi daerah yang menerapkan PSBB," kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Rachmat Triyono, dalam keterangannya yang disampaikan di Twitter @infohumasBMKG, Jumat (8/5/2020).

Pada saat merespon bencana alam, orang akan cenderung berada dalam jarak yang berdekatan baik dikarenakan tempat yang terbatas, misalnya di tempat evakuasi. Di masa pandemi COVID-19 tentu akan menjadi tantangan tersendiri bila melakukan evakuasi di mana orang harus menjaga jarak.

Sementara itu situasi berdesakan atau kerumunan saat berada di tempat evakuasi bisa menyebabkan tempat tersebut bisa menjadi pusat infeksi virus Corona. BMKG mengatakan sebagian besar tsunami di Indonesia adalah tsunami lokal yang disebabkan gempa tektonik, masyarakat di daerah gempa akan menerima peringatan dini.

Tentunya jika masyarakat merasakan goncangan yang kuat atau gempa yang berayun lemah tapi lama, masyarakat diimbau untuk segera melakukan evakuasi mandiri tanpa menunggu peringatan dini tsunami atau perintah evakuasi dari pihak berwenang.

Evakuasi tsunami dalam panduan ini adalah untuk evakuasi dalam masa krisis peringatan dini tsunami, yaitu sesaat setelah terjadi gempa dan/atau pemicu lainnya (longsoran di bawah laut atau letusan gunung api di laut), di saat tsunami menerjang, sampai setelah ancaman tsunami dinyatakan selesai.

Simak juga video Jokowi: Prediksi BMKG, 30% Wilayah Akan Alami Kemarau Lebih Kering:

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2 3