2 Terdakwa Anak Kelompok Anarko 'Kill The Rich' Divonis 4 Bulan Penjara

Isal Mawardi - detikNews
Jumat, 08 Mei 2020 10:37 WIB
Kombes Yusri Yunus (Isal Mawardi/detikcom)
Foto: Kombes Yusri Yunus (Isal Mawardi/detikcom)
Jakarta -

Pengadilan Negeri Kota Tangerang menjatuhkan vonis terhadap dua terdakwa anak kelompok anarko 'Kill The Rich'. Kedua terdakwa dijatuhi hukuman 4 bulan penjara.

"Divonis hakim dengan hukuman 4 bulan penjara," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus, dalam keterangannya, Jumat (8/5/2020).

Yusri mengatakan, pihak kepolisian sudah tiga kali mengupayakan diversi bagi kedua pelaku anak.

"Namun hakim tetap menjatuhkan hukuman 4 bulan penjara terhadap 2 tersangka anak," katanya.

Sementara untuk 3 tersangka lainnya saat ini berkas masih diteliti oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) PN Kota Tangerang.

"Menunggu pemberitahuan P-21 dari Kejari Tangerang Kota," kata Yusri.

Seperti diketahui, polisi menankap 5 pelaku vandalisme yang encoret-coret sejumlah fasilitas umum di Kota Tangerang pada April 2020 lalu. Polisi menyebut, mereka merupakan kelompok anarko yang merencanakan membuat keonaran pada 18 April 2020.

Tiga orang awalnya ditangkap aparat Reskrim Polres Tangerang Kota bersama anggota Ditreskrimun Polda Metro Jaya di sebuah kafe di wilayah Kota Tangerang pada Jumat (10/4). Kemudian dua orang lagi ditangkap di Bekasi dan Tigaraksa, Tangerang.

"Motif mereka melakukan vandalisme ini, mereka tidak puas dengan kebijakan-kebijakan pemerintah dan berupaya untuk memanfaatkan situasi yang saat ini masyarakat sedang resah. Mereka manfaatkan untuk lebih resah lagi, membuat masyarakat lebih resah dan membuat ajakan untuk membuat keonaran," ujar Kapolda Metro Jaya, Irjen Nana Sudjana saat itu.

(isa/mei)