Round-Up

Sorotan Tajam Atas Heboh Pelarungan Jenazah ABK WNI oleh Kapal China

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 08 Mei 2020 09:35 WIB
3 Jenazah ABK WNI yang Dilarung ke Laut Disebut Idap Penyakit Menular
3 Jenazah ABK WNI yang Dilarung ke Laut Disebut Idap Penyakit Menular. (Foto: Tangkapan layar)
Jakarta -

Sebuah video viral beredar di media sosial yang menunjukkan pelarungan jenazah anak buah kapal (ABK) di kapal berbendera China, Long Xin. Peristiwa itu menyedot perhatian sejumlah kalangan.

Ada 3 WNI yang meninggal di kapal Long Xin tersebut. Tiga WNI yang dilarung ke laut itu disebut mengidap penyakit menular.

Pelarungan terpaksa dilakukan untuk menjaga ABK lainnya. Pelarungan tersebut juga dinilai sudah sesuai prosedur yang berlaku.

Atas peristiwa itu, Menlu Retno Marsudi mengatakan pihaknya telah melakukan pertemuan dengan Kedubes China untuk Indonesia terkait kasus ABK WNI yang meninggal di kapal China.



Dalam pertemuan itu, Retno meminta pemerintah China membantu agar hak para ABK WNI dapat terpenuhi, salah satunya soal gaji.

"Kita juga sampaikan kita minta dukungan pemerintah Tiongkok untuk membantu pemenuhan tanggung jawab perusahaan atau hak para awak kapal Indonesia termasuk pembayaran gaji yang belum dibayarkan dan kondisi kerja yang aman," kata Retno Marsudi dalam konferensi pers secara virtual, Kamis (7/5).


Berikut sorotan-sorotan tajam atas kasus pelarungan jenazah ABK WNI oleh kapal China:

Respons Menteri KKP soal Dugaan Eksploitasi ABK WNI di Kapal China:


Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4 5 6 7