ADVERTISEMENT

Satpol PP Makassar Siap Santun di PSBB, Pelanggar Ditegur Personel Wanita

Hermawan Mappiwali - detikNews
Kamis, 07 Mei 2020 12:30 WIB
Belasan remaja diamankan dalam razia yang dilakukan Satpol PP dan Dinsos Makassar di malam valentine (MN Abdurrahman/detikcom)
Personel Satpol PP Wanita di Makassar saat melakukan penertiban.
Makassar -

Kepala Satpol PP Makassar Iman Hud mengatakan pihaknya siap bersikap santun dan tidak kasar dalam menegakkan aturan pembatasan sosial berskala besar (PSBB), seperti arahan Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Nurdin Abdullah. Personel wanita akan diterjunkan untuk menegur para pelanggar.

"Jadi mungkin kami gunakan Satpol PP perempuan lebih banyaklah. Jadi kepada toko-toko (nonsembako) yang buka, perempuan yang datang menegur," kata Iman kepada detikcom di Makassar, Kamis (7/5/2020).

Iman memastikan pihaknya akan lebih mengedepankan upaya persuasif dalam memahamkan warga yang belum patuh terhadap aturan PSBB. Personel wanita dinilai lebih tepat untuk memberi teguran dan peringatan dengan cara-cara santun.

"Harus mengedepankan persuasif, lebih simpati begitu. Jadi kami akan mengubah sistemnya. Mungkin pada saat penertiban atau saat mengimbau, kami menggunakan Satpol PP perempuan lah supaya lebih humanis. Itu harapan Bapak Gubernur," ujarnya.

Iman menegaskan pihaknya siap menjalankan instruksi Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah dan Pj Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb agar personel Satpol PP tidak kasar dan marah-marah dalam menegakkan aturan PSBB. Sikap Satpol PP yang lebih santun dan humanis akan menjadi perbaikan di PSBB Makassar yang akan diperpanjang mulai Jumat (8/5) besok hingga 14 hari.

"Kalau kami Satpol PP jelas, ini kan hierarki ya, apa pun dari pimpinan, Gubernur kan wakil pusat di daerah, kemudian begitu pula dengan Wali Kota, sehingga apa yang menjadi arahan Bapak Pimpinan, baik Gubernur maupun Wali Kota, akan menjadi dasar kami dalam melakukan pengawasan, imbauan, atau penindakan dalam penerapan PSBB tahap kedua," tegasnya.

Toko Alat Tulis Terima Pembeli saat PSBB, Kasatpol PP Makassar Murka:



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT