Bali Punyai 2 Lab Tes Corona Baru, Klaim Bisa Uji 300 Spesimen Sehari

Angga Riza - detikNews
Rabu, 06 Mei 2020 14:46 WIB
Gubernur Koster meninjau laboratorium pemeriksa spesimen Corona yang baru
Gubernur Koster meninjau laboratorium pemeriksa spesimen Corona yang baru. (Foto: Istimewa)
Denpasar -

Gubernur Bali I Wayan Koster meresmikan laboratorium PCR tes virus Corona (COVID-19) di RS PTN Universitas Udayana (Unud) dan Fakultas Kedokteran Warmadewa. Penambahan laboratorium ini dinilai Koster bisa mempercepat penanganan COVID-19 di Bali.

"Lab yang dimiliki oleh RS Unud tadi dari penjelasan ibu Rektor dan bapak dekan bahwa dengan dua alat yang dimiliki itu dalam satu hari bisa menguji sampel kira-kira 300 orang. Jadi saya kira ini satu penambahan yang sangat memadai karena selama ini kita uji swab-nya hanya di RS Sanglah sehingga memerlukan waktu yang cukup lama," kata Koster di RS PTN Unud, Rabu (6/5/2020).

Dua lab tersebut resmi beroperasi hari ini. Koster berharap kehadiran dua lab ini dapat mempercepat pelayanan untuk penanganan Corona, terutama yang dikarantina, baik yang orang yang dinyatakan negatif maupun yang positif Corona.

"Kalau sudah bisa diuji dengan swab langsung bisa kalau negatif, bisa cepet pulang. Jadi ada kepastian bagi pasien itu sendiri, bagi petugas medisnya, juga bagi gugus tugas. Dan juga bagi masyarakat untuk melihat penanganan COVID-19 di Bali ini baik saya kira," tutur Koster.

Selanjutnya
Halaman
1 2