Round-Up

Wanti-wanti Jokowi Kemarau Lebih Kering di Tengah Pandemi

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 06 Mei 2020 04:03 WIB
Presiden Jokowi
Presiden Jokowi dalam rapat terbatas 'Antisipasi Dampak Kekeringan terhadap Ketersediaan Bahan Pangan'. (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Pandemi virus Corona (COVID-19) belum bisa dipastikan kapan selesainya. Di tengah masa pandemi, sebagian wilayah di Indonesia sudah memasuki musim kemarau. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mewanti-wanti adanya kemarau lebih kering di sejumlah zona musim (ZOM) di Indonesia.

Peringatan itu disampaikan Jokowi saat membuka rapat terbatas dengan topik 'Antisipasi Dampak Kekeringan terhadap Ketersediaan Bahan Pangan'. Jokowi mengacu pada prediksi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) terkait musim kemarau 2020.

"Berdasarkan prediksi dari BMKG, 30% wilayah-wilayah yang masuk zona musim ke depan akan mengalami kemarau yang lebih kering dari biasanya," kata Jokowi lewat konferensi video, Selasa (5/5/2020).



Jokowi mengatakan, berdasarkan peringatan Organisasi Pangan dan Pertanian Dunia (FAO) terkait krisis pangan dunia. Oleh sebabnya, Jokowi ingin ketersediaan dan stabilitas harga pangan tidak terganggu.


Mengenai antisipasi musim kemarau tahun ini, Jokowi meminta tercukupinya ketersediaan air. Di samping itu, Jokowi ingin curah hujan yang ada saat ini betul-betul dimanfaatkan.

"Ini harus disiapkan dari sekarang, mulai dari penyimpanan air hujan, kemudian memenuhi danau, waduk, embung, kolam retensi, dan penyimpanan air buatan lainnya penting," kata Jokowi.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3