Tiga Orang Tewas Akibat Tanah Longsor di Polman Sulbar

Abdy Febriady - detikNews
Rabu, 06 Mei 2020 01:39 WIB
Ilustrasi longsor (Andhika-detikcom)
Foto: Ilustrasi longsor (Andhika-detikcom)
Polewali Mandar -

Hujan deras yang memicu tanah longsor terjadi di Dusun Parratteang, Desa Kelapa Dua, Kecamatan Anreapi, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat. Selain menimbun rumah warga dan satu unit mobil pick up, tanah longsor turut merenggut tiga korban jiwa.

Peristiwa terjadi pada Selasa malam (05/05/20), sekitar pukul 20:00 WITA. Babinsa Jajaran Kodim 1402/Polmas Serda Muh Masturi yang berada di lokasi kejadian menyebut, korban tewas masing-masing inisial A (50), U (40) dan P (42). Sementara korban selamat, masing-masing inisial I (40), Wana (18), I (9) dan R (5).

Masturi mengatakan petugas dan warga bahu-membahu mengevakuasi korban. Mereka berupaya untuk menemukan korban yang tertimbun mateiral longsor.

kepada wartawan melalui pesan singkat.

"Evakuasi korban sempat terkendala medan yang terjal dan berlumpur, apalagi kerap terdengar suara pergeseran tanah, sehingga kami bersama warga sangat berhati-hati mendekati lokasi kejadian," sambung Masturi.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala BPBD Mamasa, Labora Tandipuang yang sementara melakukan penjagaan di Posko COVID-19 Perbatasan Kabupaten Mamasa dan Polewali Mandar, membenarkan kejadian tersebut.

"Anggota yang berada di posko ikut turun ke lokasi kejadian untuk membantu warga mengevakuasi para korban," ungkap Labora melalui sambungan telepon.

Menurut Labora, peristiwa tanah longsor turut memutus akses jalan dari Kabupaten Polewali Mandar menuju Mamasa. Sehingga kendaraan tidak dapat melintasi lokasi.

"Saat ini jalan poros Polman ke Mamasa terputus akibat tertimbun material longsor sehingga tidak dapat dilalui kendaraan," ujarnya.

(lir/lir)