Gugus Tugas: Angka Tes Corona RI Tak Bisa Dibandingkan dengan Negara Lain

Danu Damarjati - detikNews
Selasa, 05 Mei 2020 17:16 WIB
Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito
Ketua Tim Pakar Gugus Tugas COVID-19, Wiku Adisasmito (Dok. BNPB)
Jakarta -

Angka tes virus Corona di Indonesia lebih rendah dibanding negara lain, termasuk negara-negara tetangga. Padahal jumlah penduduk Indonesia lebih banyak dan wilayah Indonesia lebih luas. Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 menilai tingkat tes Corona di Indonesia tidak bisa dibandingkan dengan negara lain.

"Indonesia negara keempat dengan populasi terbesar di dunia. Tidak bisa serta merta dibandingkan dengan negara yang ekonominya tinggi dan penduduknya rendah," kata Ketua Tim Pakar Gugus Tugas, Wiku Adisasmito, dalam keterangan resmi di Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, Selasa (5/5/2020).

Profesor dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) ini mengatakan rasio tes Indonesia per jumlah penduduk tidak bisa dibandingkan dengan negara-negara lain karena ada beberapa faktor. Pertama, faktor geografis, kedua faktor kekuatan ekonomi, dan ketiga faktor jumlah penduduk.

Kondisi geografis Indonesia adalah negara kepulauan. Yang diperlukan Indonesia adalah memperkuat sistem untuk proses pengujian sampel guna mengetahui kasus COVID-19. Pemerintah terus berupaya mempersiapkan laboratorium dan mendata jumlah sumber daya manusia laboran atau petugas laboratorium yang dimiliki.

Selanjutnya
Halaman
1 2