Polisi: Benda Mencurigakan di Masjid Nurul Yaqin Kalteng Bom Palsu

Herianto Batubara - detikNews
Sabtu, 02 Mei 2020 16:58 WIB
Teror Bom di Masjid Nurul Yaqin Kuala Pembuang Kalteng
Foto: Teror Bom di Masjid Nurul Yaqin Kuala Pembuang Kalteng (dok Polda Kalteng)
Jakarta -

Polisi telah memeriksa benda mirip bom yang diletakkan di Masjid Nurul Yaqin Kuala Pembuang, Kecamatan Pembuang Hilir, Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah. Polisi memastikan benda itu bukan bom sungguhan.

Kapolres Seruyan AKBP Agung Tri Widiantoro menjelaskan, penanganan benda mencurigakan ini dilaksanakan oleh tim Gegana Satbrimobda Polda Kalteng. Dari serangkaian pemeriksaan, benda mencurigakan yang diletakkan pelaku di teras masjid Nurul Yaqin Kuala Pembuang, bukanlah bom.

"Dari serangkaian barang bukti yang ditemukan di TKP masjid dan TKP rumah terduga pelaku, benda yang dicurigai tidak memenuhi 4 unsur bom. Dengan itu dapat disebutkan sebagai false bomb (bom palsu)," kata AKBP Agung dalam keterangannya, Sabtu (2/5/2020).

Konferensi pers Polres SeruyanKonferensi pers Polres Seruyan Foto: Konferensi pers Polres Seruyan (dok Polda Kalteng)

Serpihan benda yang sebelumnya diduga bom rakitan tersebut sendiri telah diceraiberaikan oleh tim Jibom Brimob Polda Kalteng. Serpihan tersebut akan dijadikan barang bukti.

Benda mencurigakan tersebut sebelumnya diletakkan pemuda bernama Hendra Gunawan alias Iwan (22) di teras Masjid Nurul Yaqin pada Jumat (1/5) sekitar pukul 18.00 waktu setempat jelang salat Isya. Aksinya terekam CCTV masjid.

Keberadaan benda mencurigakan ini sempat membuat resah jemaah masjid dan warga sekitar. Polisi kemudian bergerak cepat dan meringkus Hendra Gunawan di sebuah ruang kelas di SD Asseruyaniyah pada Sabtu (2/5) sekitar pukul 04.20 WIB.

Kabid Humas Polda Kalteng Kombes Hendra Rochmawan mengatakan, situasi di Kalteng khususnya di wilayah hukum Polres Seruyan hingga saat ini relatif aman dan kondusif. Dia meminta masyarakat tidak usah resah.

(hri/idh)