Psikiater Bagi Tips Kesehatan Jiwa di Tengah Pandemi Corona

Wilda Nufus - detikNews
Jumat, 01 Mei 2020 11:59 WIB
Poster
Foto: Ilustrasi virus Corona. (Edi Wahyono/detikcom).
Jakarta -

Psikiater meyakini banyak masyarakat yang mengalami stres dan panik akibat situasi yang tidak normal saat ini. Psikiater membagikan beberapa tips kesehatan yang bisa dilakukan di tengah situasi wabah Corona (COVID-19).

"Salah satunya, dengan membatasi informasi yang berlebihan terhadap berita-berita yang mungkin belum diketahui kebenarannya karena kecemasan, kekhawatiran itu bisa muncul akibat terlalu banyaknya kita menonton membaca dan mendengarkan informasi yang berlebihan. Mengambil jarak sejenak dari informasi tersebut akan baik bagi kesehatan jiwa kita," kata Psikiater Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia, dr. Lahargo Kembaren SP.KJ melalui siaran langsung dari kanal YouTube BNPB, Jumat (1/5/2020).

dr. Lahargo Kembarendr. Lahargo Kembaren SP.KJ (Screenshot YouTube BNPB).

Lahargo menyebutkan, masyarakat harus dapat memilih informasi dari sumber yang dapat dipercaya. Hal itu dilakukan mengingat informasi yang salah dan keliru dapat menyebabkan kecemasan yang memunculkan masalah kesehatan jiwa.

"Yang berikutnya yang juga bisa kita lakukan adalah memilah informasi yang kita dapatkan selalu mendapatkan informasi yang akurat dari sumber yang terpercaya dan kita melakukan pencegahan, melakukan penanganan sesuai dengan yang dianjurkan. Dengan membaca sumber dari yang keliru itu, akan membuat kita menjadi lebih cemas, lebih khawatir dan memungkinkan untuk memunculkan masalah kesehatan jiwa," kata Lahargo.

Lahargo menyarankan apabila masyarakat mengalami kecemasan dan kekhawatiran yang berlebih, agar segera berkonsultasi ke dokter jiwa. Dia menganjurkan masyarakat melakukan hal positif dibanding merokok ataupun meminum alkohol saat berada di situasi tidak normal ini.

"Kemudian kita juga perlu mengatasi berbagai kondisi perasaan yang tidak nyaman, saat ini dilakukan dengan melakukan hal-hal yang positif, tidak merokok, hindari minum alkohol atau narkoba untuk mengatasi perasaan tidak nyaman, karena itu tidak akan menyelesaikan masalah," tutur Lahargo.

"Apabila memang kita merasakan stres, perasaan yang tidak enak, segeralah berkonsultasi ke profesional kesehatan jiwa seperti psikiater, perawat jiwa, psikologi, konselor dokter. Semuanya itu akan dapat membantu kita untuk mendapatkan pertolongan yang cepat dan tepat tentunya," sambungnya.

Cemas atau Depresi Saat Pandemi Corona? Cek Kesehatan Jiwamu di Sini:

Selanjutnya
Halaman
1 2