NasDem Tolak Rencana Sekolah di Jakarta Jadi Tempat Isolasi Corona

Mochamad Zhacky - detikNews
Jumat, 01 Mei 2020 11:09 WIB
Logo Nasdem - 2019
Foto: Redaksi
Jakarta -

Ketua Fraksi NasDem DPRD DKI Jakarta Wibi Andrino menolak rencana sekolah di Jakarta dijadikan tempat isolasi terkait virus Corona (COVID-19). Wibi menilai, apabila sekolah dijadikan lokasi isolasi, hal itu akan menyebabkan warga yang tinggal di sekitarnya ketakutan.

"(Menjadikan sekolah sebagai lokasi isolasi) akan menimbulkan traumatis tersendiri serta letak sekolah yang berdekatan dengan lingkungan warga menjadi polemik, ketakutan tersendiri bagi masyarakat," kata Wibi kepada wartawan, Jumat (1/5/2020).

Wibi menyebut masyarakat akan semakin khawatir tertular virus Corona jika sekolah di sekitar tempat tinggal mereka dijadikan tempat isolasi. Dia meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mencari tempat lain.

Menurut anggota Komisi A DPRD DKI itu, masih banyak gedung lain di Jakarta yang dapat dijadikan tempat isolasi. Namun syaratnya, sebut Wibi, fasilitas tersebut harus jauh dari permukiman masyarakat.

"Harusnya kajian dan pencarian akan lokasi yang tepat untuk orang dalam pemantauan (ODP), pasien dalam pengawasan (PDP), dan pasien positif ini jauh lebih bijak," tutur Wibi.

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta menyiapkan sekolah-sekolah yang akan dipakai tenaga medis dan sekolah untuk isolasi pasien virus Corona. Seluruh kota/kabupaten yang ada di Jakarta memiliki lokasi sekolah yang menjadi tempat isolasi.

Daftar sekolah yang akan menjadi tempat tenaga medis dan isolasi dituangkan dalam surat Dinas Pendidikan DKI Jakarta, nomor 4434/-1.772.1 seperti dilihat detikcom, Senin (20/4). Surat tersebut ditandatangani oleh Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Nahdiana pada 20 April 2020. Surat tersebut ditujukan kepada Sekretaris Daerah Pemprov DKI Jakarta.

Simak juga video Isolasi Diri, Pemudik Ini Bikin Tenda Dekat Kuburan:

(zak/elz)