Pandemi Corona, Kemendikbud Tiadakan Upacara Bendera Umum di Hardiknas 2020

Rahel Narda C - detikNews
Kamis, 30 Apr 2020 10:49 WIB
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menjalin kerja sama dengan Netflix. Nadiem mengungkapkan ini jadi langkah awal mewujudkan kebudayaan Indonesia yang lebih inovatif.
Mendikbud Nadiem Makarim (Rachman Haryanto/detikcom)
Jakarta -

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengeluarkan Pedoman Penyelenggaraan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2020. Dalam pedoman tersebut, Kemendikbud meniadakan penyelenggaraan upacara di satuan pendidikan hingga perwakilan pemerintah Republik Indonesia di luar negeri dalam upaya pencegahan penyebaran Coronavirus Disease 2019 (COVID-19).

Hal itu disampaikan melalui Surat Pedoman Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2020 dengan Nomor 42518/MPK.A/TU/2020 yang telah ditanda tangani oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim, Rabu (29/4/2020).

"Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) selaku panitia penyelenggara peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2020 meniadakan penyelenggaraan upacara bendera yang umumnya wajib diselenggarakan kantor instansi pusat dan daerah, setiap satuan pendidikan, serta kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri," kata Nadiem dalam surat tersebut yang dikutip detikcom pada Kamis (30/4).

Dalam surat tersebut, Nadiem juga meminta instansi terkait agar mengikuti upacara bendera peringatan Hardiknas 2020 melalui siaran virtual di YouTube Kemendikbud dan TV Edukasi. Dia juga meminta agar tidak ada aktivitas yang mengumpulkan orang banyak saat memperingati Hardiknas 2020.

"Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyelenggarakan upacara bendera peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2020 pada tanggal 2 Mei 2020 pukul 08.00 WIB secara terpusat, terbatas, dan memperhatikan protokol kesehatan pencegahan penyebaran COVID-19 yang telah ditetapkan pemerintah tanpa mengurangi makna, semangat, semangat, dan kekhidmatan acara," tulis Nadiem di surat itu.

Simak video Cara Praktis Jaga Kebersihan Saat Corona:

Selanjutnya
Halaman
1 2