CT Corp Serahkan Perlengkapan Medis ICU dan HCU Corona ke RSCM Hari Ini

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 30 Apr 2020 07:00 WIB
Menteri Koordinator Perekonomian Chairul Tanjung bersama Direktur Utama Bank Mandiri Budi G Sadikin memberikan kuliah umum di Auditorium Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta, Rabu (13/8/2014).
Chairman CT Corp, Chairul Tanjung (Agung Pambudhy/detikcom)

Fasilitas ICU dan ICU khusus pasien COVID-19 diperlukan di kota yang menjadi episentrum virus Corona ini. Selain RSCM, CT Corp bersama Bank Mega juga mendukung pembangunan bangsal khusus Corona di Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) Universitas Airlangga, Surabaya. Sebelumnya, penanggungjawab CT Corp dalam program dukungan ke rumah sakit ini, dr Nizar Yamanie, menjelaskan mengenai pemilihan dua tempat ini sebagai sasaran dukungan.

"Saya pilih RS yang sudah mempunyai sumber daya lengkap, mulai dokter spesialis, sub spesalis, dokter umum, paramedik, laboratorium sudah ada. Ini karena COVID-19 ini bukan berdiri sendiri, tapi orang stroke hingga serangan jantung bisa kena COVID-19, itu harus ditangani dalam satu tempat dan satu pintu," kata Nizar, Sabtu (11/4) lalu.

Fasilitas yang akan diserahkan hari ini di Gedung Kiara RSCM adalah fasilitas kelas satu. Fasilitas itu terdiri dari 20 bed intensive care unit (ICU), 75 bed high care unit (HCU), 128 Multislice Computerized Tomography (MSCT) Scan, 1 digital Mobile X Ray, 20 ventilator, dan 95 monitor bed. Ada lagi 105 infusion dan syringe pump, elektrokargiogram (EKG) dan defribrilator (stimulator detak jantung, central monitor, oxygen mobile, dan kelengkapan pendukung lainnya.

Halaman

(dnu/van)