Tambah Pahala Puasa Ramadhan dengan 5 Amalan ini  

Tri Suharyati - detikNews
Kamis, 30 Apr 2020 03:37 WIB
one day one hadits puasa penghapus dosa
Ilustrasi Tambah Pahala Puasa dengan 5 amalan Ini (Mindra Purnomo/detikcom)
Jakarta -

Di dalam Kitab Minhajul Muslim, Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jaza'iri menuliskan, Setiap amalan dan perbuatan baik selama bulan Ramadhan akan diutamakan. Amalan dan perbuatan baik itu bila dikerjakan akan menambah pahala puasa seorang muslim.

Terkait keutamaan bulan Ramadhan diriwayatkan dalam hadits riwayat Ahmad dan An-Nasa'I, Rasulullah SAW bersabda:

"Telah datang kepadamu bulan Ramadhan, bulan yang diberkahi. Alah mewajibkan kepadamu puasa di dalamnya. Pada bulan ini pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup dan para setan diikat. Juga terdapat pada bulan ini malam yang lebih indah dari seribu bulan, barang siapa tidak memperoleh kebaikannya maka dia tidak memperoleh apa-apa." (HR. Ahmad dan An-Nasa'i)


Dikutip dari buku 'Bekal Menyambut Bukan Suci Ramadhan" oleh Dr. H. Kholilurrohman, MA, ada sejumlah amalan yang bisa menambah pahala puasa di bulan Ramadhan.


1. Memperbanyak Doa di Bulan Ramadhan


Puasa merupakan sarana umat muslim mendekatkan diri dengan Allah SWT. Orang yang berpuasa akan memperbanyak berdoa dan mendekatkan diri kepada-Nya.


"Ada di bulan Ramadhan di setiap hari dan malam orang-orang kepada siapa Allah memberikan kebebasan dari Api, dan ada untuk setiap Muslim permohonan yang dia dapat membuat dan akan diberikan." Al-Bazzar dan Ahmad.



2. Memperbanyak Amal Sholeh di Bulan Ramadhan

Selama berpuasa umat Islam dianjurkan memperbanyak amal kebaikan. Sebab semua amal di bulan suci ini akan dilipatgandakan pahalanya.


Seperti hadits, "Dia yang berpuasa Ramadhan, karena iman dan berharap untuk pahala (dari Allah) maka dosa masa lalunya diampuni." Al-Bukhari dan Muslim

3. Pahala Sholat Tarawih

Setelah berbuka puasa, bukan berarti ibadah dalam satu hari telah usai. Ada rangkaian ibadah lain, yaitu sholat Tarawih yang dijalankan setelah sholat Isya.

Sholat tarawih ini bisa dilakukan secara sendiri atau berjamaah di masjid atau bersama keluarga di rumah. Bukan hanya pahala yang akan didapatnya, tapi dosa yang telah lalu juga akan diampuni oleh Allah bagi yang menjalankan ibadah sholat Tarawih ini.


4. Melakukan Umroh di Bulan Ramadhan


Melakukan ibadah umroh saat puasa sedang berlangsung akan mendapatkan pahala yang berlipat. Umroh dilakukan bagi umat muslim yang sudah mampu.


Adapun hadits, "Jika Ramadhan tiba, berumrohlah saat itu karena umroh Ramadhan senilai dengan haji." (HR. Bukhari no. 1782 dan Muslim no. 1256). "Umrah pada bulan Ramadhan senilai dengan haji." (HR. Muslim no. 1256).

Namun untuk tahun ini, umat Islam tak bisa melaksanakan umroh di bulan Ramadhan. Sebab semua negara sedang melakukan perlawanan terhadap penyebaran virus Corona atau Covid-19. Masjid Nabawi di Madinah dan Masjidil Haram di Makkah ditutup untuk Jemaah umroh.

5. Pahala Bersedekah di Bulan Ramadhan


Sedekah juga menjadi cara menambah pahala puasa di bulan Ramadhan karena sedekah memang amalan mulia yang selalu dianjurkan Rasulullah sebagai anda akhlak baik orang tersebut.

Rasulullah SAW bersabda:

"Barang siapa yang memberi makanan untuk berbuka puasa bagi orang yang berpuasa, maka dia akan mendapatkan (pahala), seperti pahala orang yang berpuasa tersebut tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun."

Hadits tentang pahala puasa bertambah dengan sedekah ini diriwayatkan oleh Ahmad nomor 21168 dan at-Tirmidzi nomor 807. "Hadits ini adalah hadits shahih," tulis Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jaza'iri.

(erd/erd)