Jokowi Minta Ada Kalkulasi Kemungkinan Kemarau Panjang 2020

Andhika Prasetia - detikNews
Selasa, 28 Apr 2020 14:02 WIB
Presiden Jokowi memimpin ratas program cipta lapangan kerja di kantor Presiden, Jakarta Pusat, Senin (11/11/2019). Jokowi menyampaikan 4 arahannya.
Presiden Jokowi (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta jajarannya mengkalkulasikan terjadinya kemarau panjang sepanjang tahun ini berkaitan dengan manajemen pengelolaan beras dalam negeri. Walaupun, Jokowi menerima laporan prediksi dari BMKG tidak adanya cuaca ekstrem tahun ini.

"Tolong juga dikalkulasi kemungkinan terjadi kemarau panjang di 2020 walau prediksi BMKG tidak ada cuaca yang ekstrem. Namun tetap harus diwaspadai, terutama yang berkaitan dengan ketersediaan beras nasional kita," ujar Jokowi dalam rapat terbatas mengenai antisipasi kebutuhan bahan pokok yang disiarkan di saluran YouTube Setpres, Selasa (28/4/2020).



Pentingnya manajemen pengelolaan beras dalam negeri, kata Jokowi, menjadi kunci penting bagi antisipasi krisis pangan seperti yang disampaikan Organisasi Pangan dan Pertanian Dunia (FAO). Jokowi mendapat laporan produksi beras saat panen raya akhir bulan ini mencapai 5,62 juta ton.

Suhu di Indonesia Terasa Lebih Panas, Ini Penjelasan BMKG:

Selanjutnya
Halaman
1 2