Bayi dan 2 Ortunya di Malut Positif Corona

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 28 Apr 2020 12:07 WIB
Poster
Foto ilustrasi virus Corona. (Edi Wahyono/detikcom)
Ternate -

Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Maluku Utara (Malut) menyatakan seorang bayi berusia 1,9 tahun bersama kedua orang tuanya dinyatakan positif COVID-19. Mereka berasal dari Kota Tidore Kepulauan.

"Bayi tersebut awalnya mengalami pneumonia berat, namun sesuai hasil swab yang diterima tim gugus dari BBLK Makassar nyatakan bayi itu bersama kedua orang tuanya positif COVID-19," kata Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan COVID-19, dr Alwia Assagaf, seperti dilansir Antara, Selasa (28/4/2020).


Alwi menjelaskan awalnya bayi tersebut berobat ke RSU karena menderita demam tinggi. Sesuai prosedur, bayi tersebut kemudian ditangani dengan protokol penanganan COVID-19.

Dia mengatakan suami-istri bersama bayi 1,9 tahun itu masuk sebagai pasien ke-20. Riwayat perjalanan Surabaya-Ternate tertanggal 2 April 2020, sesuai hasil pemeriksaan tes cepat (rapid test) dinyatakan reaktif tertanggal 15 April dan masuk karantina pada 18 April bersama pasien 21.


Alwi menyebut bayi positif COVID-19 ini merupakan yang pertama dari total 26 kasus di Malut. Setelah bayi tersebut dinyatakan positif, pihaknya sudah melakukan penelusuran (tracking) kontak sejumlah orang, termasuk kedua orang tua yang sampel spesimennya diambil dan kemudian uji laboratorium juga dinyatakan positif COVID-19.

"Bayi ini menjadi kasus positif COVID-19 pertama. Asal dari Kota Tidore Kepulauan dan sekarang ini bayi sedang menjalani perawatan," katanya.

Secara keseluruhan, pasien terkonfirmasi positif COVID-19 untuk Kota Ternate 10 orang, Tidore Kepulauan 12 orang, Halmahera Utara 2 orang, serta Halmahera Barat dan Halmahera Selatan 1 orang, sehingga berjumlah 26 orang di Malut.

Ada Beda Data Terkait Corona, Ini Penyebabnya:

(idh/tor)