Viral Videonya Kritik Keras Pemerintah soal BLT, Ini Penjelasan Bupati Boltim

Angleica Rawis - detikNews
Minggu, 26 Apr 2020 15:17 WIB
Ilustrasi THR
Ilustrasi BLT (Muhammad Ridho/detikcom)
Boltim -

Sebuah video Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Sulawesi Utara, Sehan Salim Landjar viral di media sosial. Sehan Landjar geram karena mekanisme pembagian Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari pemerintah pusat dianggap sulit. Begini penjelasan Sehan Landjar.

Sehan membenarkan video tersebut. Dikatakannya mekanisme pemberian BLT tersebut terbilang menyulitkan warga. Warga, menurutnya, tak bisa harus menunggu lama untuk mendapatkan bantuan itu.

"Kalau sistem pembagian BLT tanya saja di Kemensos dan Kemendes, itu program kedua kementerian itu. Kalau program saya menelangi kesulitan rakyat yang sangat mendesak, mereka butuh makan hari ini, bukan disuruh menunggu besok, atau sampai administrasi tentang BLT selesai. Kebutuhan untuk isi perut rakyat tidak bisa menunggu onggokan kertas yang diminta oleh para menteri, sebagai syarat untuk mendapatkan uang Rp 600 ribu, rakyat saya bahkan memohon biar tidak dapat duit BLT," Jelas Sehan saat dikonfirmasi, Minggu (26/4/2020).

Sehan Landjar juga akan tetap memberikan bantuan kepada warga yang meminta beras meski termasuk penerima BLT. Sebab, menurutnya, kebutuhan warga tak bisa menunggu.

"Iya, masalahnya sampai saat ini BLT nya belum ada, musti (harus) lengkap administrasi, dan buka rekening bank, sementara perutnya perlu diisi sekarang," ujarnya.

Sehan mengungkapkan, sebagai bupati, dirinya bertanggung jawab terhadap kebutuhan dan keselamatan rakyatnya.

"BLT, program kementerian yang belum tau kapan realisasinya, sementara saya Bupati yang bertanggung jawab terhadap kebutuhan dan keselamatan rakyat, makanya saya tidak ada waktu menunggu untuk penuhi kebutuhan rakyat Boltim yang sangat mendesak, apapun risikonya saya tetap penuhi kebutuhan saat ini," pungkasnya.

Seperti diketahui, video berdurasi 2.20 menit tersebut viral di media sosial. Bupati Sehan Salim Landjar viral gara-gara dirinya mengamuk sampai berkata-kata keras tentang mekanisme Bantuan Langsung Tunai (BLT) melalui transfer yang dikeluarkan menteri.

"BLT-nya kapan? masih mau buka-buka rekeninglah, inilah, kriteria macam-macam. Negeri sudah mau bangkrut menteri-menteri masih pada ngeyel semua," Kata Sehan dalam video tersebut.

"Yang BLT ini lapar, dia yang paling miskin sekarang. Uangnya nggak tahu mau kucur kapan?" tambahnya.

detikcom sudah mencoba menghubungi Menteri Sosial Juliari Batubara mengenai hal ini tapi belum mendapatkan respons.

(zlf/dhn)