Survei Median: Anies Nomor 1 soal Penanganan Corona, Risma Nomor 5

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Minggu, 26 Apr 2020 14:58 WIB
Para kepala daerah yang dinilai tepat tangani Corona, versi survei Median. (Repro detikcom)
Para kepala daerah yang dinilai tepat menangani Corona versi survei Median. (Repro detikcom)
Jakarta -

Berdasarkan survei persepsi publik, kepala daerah yang dinilai paling jitu menangani masalah wabah virus Corona adalah Gubernur Jakarta Anies Baswedan. Anies mengungguli Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Tengah Khofifah Indar Parawansa, dan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Risma).

Ini adalah hasil survei nasional mengenai persepsi publik yang dilakukan lembaga survei Median bertajuk 'Persepsi Publik atas Penanganan Wabah COVID-19: Kinerja Pemerintah Pusat, PSBB vs Lockdown, Darurat Sipil, dan Mudik'.

Komponen survei terkait kepala daerah tersebut didapatkan detikcom dari Direktur Median Rico Marbun, Minggu (26/4/2020).

Responden diberi pertanyaan, "Siapakah kepala daerah yang Anda sukai atau paling tepat cara menangani wabah Corona? Dari jawaban responden, maka lima besar kepala daerah yang dianggap publik tepat caranya dalam menangani wabah corona per pekan I-II April 2020 adalah:

1. Anies Baswedan 24,1%
2. Ganjar Pranowo 9,6 %
3. Ridwan Kamil 8,9%
4. Khofifah Indar Parawansa 8%
5. Tri Rismaharini 3,7%

Metode survei yang dilakukan Median adalah penelitian dengan melibatkan 20.658 nomor telepon responden yang dipilih secara acak dari survei Median sebelumnya pada September 2018-Februari 2020. Survei ini kemudian mengambil sampel 800 nomor telepon responden dari total 20.658 nomor telepon responden. Pengambilan data berlangsung dari 6 hingga 13 April 2020.

Margin of error dalam penelitian tersebut juga disebutkan dalam angka kurang-lebih 3,46 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Sebenarnya, tidak hanya lima kepala daerah itu yang masuk hitungan survei. Berikut ini hasil selengkapnya:

Selanjutnya
Halaman
1 2