PDP Asal Penajam Paser Utara Meninggal, Dimakamkan dengan Protap Corona

Suriyatman - detikNews
Minggu, 26 Apr 2020 10:30 WIB
Ilustrasi Corona
Ilustrasi virus Corona (Foto: dok detikcom)
Kutai Kartanegara -

Seorang pasien dalam pengawasan (PDP) terkait virus Corona baru (COVID-19) yang dirawat di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, meninggal dunia. Pasien itu dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Aji Batara Agung Dewa Sakti Samboja.

"Yang bersangkutan pria 51 tahun merupakan pelaku perjalanan dari wilayah Ponorogo, Jawa Timur. Meninggal dunia karena penyakit bawaan yang serius sehingga mengakibatkan meninggal dunia Sabtu (25/4) siang," ujar Bupati Kutai Kartanegara, Edi Darmansyah, kepada wartawan melalui aplikasi telekonferensi pada Sabtu (25/4/2020) malam.

Edi mengakatan pasien itu merupakan warga Semoi, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara. Sesuai dengan prosedur tetap (protap), yang bersangkutan dimakamkan sesuai dengan protap Corona.

Selain itu, dia menyampaikan adanya seorang pasien lain yang telah terkonfirmasi positif COVID-19. Pasien berusia 22 tahun itu diketahui baru melakukan perjalanan dari Malang, Jawa Timur, dan tiba di Kutai Kartanegara pada 4 April 2020. Lantas yang bersangkutan masuk ke rumah sakit keesokan harinya dengan keluhan demam tinggi.

"Karena memiliki riwayat perjalanan dari luar daerah maka dilakukan rapid test dan hasilnya reaktif kemudian untuk memastikan dilakukan uji swab di laboratorium kesehatan Surabaya, Jawa Timur. Seperti yang kita ketahui hari ini hasilnya kita ketahui sekarang hasil tes laboratorium dinyatakan positif terinfeksi COVID-19, saat ini pasien sudah menjalani perawatan selama 10 hari hingga hari ini," kata Edi.

Untuk data per 25 April 2020, jumlah orang dalam pemantauan (ODP) di Kutai Kartanegara ada 659 orang, yang terdiri dari 522 orang telah menyelesaikan proses isolasi dan sisanya, yaitu 137 orang, masih dalam proses isolasi. Sedangkan jumlah PDP ada 47 orang.

(dhn/dhn)