Cerita Pasien Manfaatkan Antrean Online JKN-KIS demi Tetap Jaga Jarak

Reyhan Diandra - detikNews
Jumat, 24 Apr 2020 15:58 WIB
Peserta JKN-KIS
Foto: BPJS Kesehatan
Jakarta -

BPJS Kesehatan telah menerapkan antrean elektronik yang terdapat pada aplikasi Mobile JKN. Lena Ginting (60), seorang peserta JKN-KIS, menceritakan layanan antrean elektronik melalui Mobile JKN tersebut dapat membuat dirinya tidak banyak bertemu dengan pasien lainnya.

Apalagi pada saat pandemi virus Corona ini, yang mewajibkan protokol physical distancing. "Saya sempat khawatir untuk pergi berobat karena sedang wabah virus Corona. Tapi untungnya sudah ada fasilitas antrean elektronik, sehingga saya bisa datang ke fasilitas kesehatan sesuai dengan jadwal yang sudah diberikan. Jadi saya tidak perlu khawatir untuk menunggu lama dan bertemu dengan peserta lain karena saat ini memang diimbau oleh pemerintah untuk melaksanakan physical distancing," ujar Lena dalam keterangan tertulis, Jumat (24/4/2020).

Lena mengungkapkan tidak hanya antrean elektronik, tetapi untuk urusan administrasi kepesertaan JKN-KIS, peserta JKN-KIS cukup mengaksesnya lewat Mobile JKN. Lena pun mengajak kepada seluruh masyarakat terutama peserta JKN-KIS untuk mengunduh aplikasi Mobile JKN, karena kemudahan-kemudahan yang diberikan terbukti membantu peserta dalam mendapatkan pelayanan Program JKN-KIS.

"Saya menggunakan aplikasi Mobile JKN jika ada keperluan mengganti fasilitas ataupun melihat rincian tagihan iuran, BPJS Kesehatan dengan inovasinya dapat membantu apalagi saat seperti ini ketika kita harus selalu di rumah untuk memutus penyebaran virus Corona. Karena itu, saya sangat terbantu dengan adanya Mobile JKN," pungkas Lena.

Sebagai informasi, Mobile JKN merupakan aplikasi yang sudah dikeluarkan oleh BPJS Kesehatan untuk memudahkan peserta JKN-KIS mendapatkan pelayanan administrasi dengan fitur-fitur yang memanjakan peserta, seperti informasi seputar Program JKN-KIS, kepesertaan, fasilitas kesehatan, tagihan iuran peserta, riwayat pelayanan sampai kemudahan memperbarui data domisili, perpindahan lokasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) serta riwayat pelayanan kesehatan yang dapat diakses langsung oleh peserta.

Diharapkan melalui antrean elektronik dari Mobile JKN, dapat membantu peserta JKN-KIS dan fasilitas kesehatan untuk mengurangi antrean sehingga peserta dapat merasakan kenyamanan saat berada di fasilitas kesehatan. Begitu juga fasilitas kesehatan lebih nyaman untuk memberikan pelayanan kepada peserta.

Reagen Tes Corona Sering Habis, Pemerintah: Dicari Banyak Negara:

(mul/ega)