Walkot Banda Aceh Minta Lembaga Keuangan Syariah Tingkatkan Kualitas

Alfi Kholisdinuka - detikNews
Kamis, 23 Apr 2020 12:03 WIB
Pemkot Banda Aceh
Foto: Pemkot Banda Aceh
Jakarta -

Peringatan hari jadi Lembaga Keuangan Mikro Syariah (LKMS) Mahirah Muamalah Syariah (MMS) yang kedua digelar sederhana. Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman merayakannya dengan memberikan bantuan kepada nasabah terdampak Corona dan menyantuni anak yatim.

Bantuan itu diberikan langsung secara simbolis oleh Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman, Wakil Wali Kota Zainal Arifin, para asisten, Dirut LKMS Mahirah Muamalah T Hanansyah, Direktur Operasional Mufied Al-Kamal dan para jajaran pada Rabu (22/4/2020) di kantor Mahirah di kawasan Simpang Lima, Banda Aceh.

"MMS kecil memang sulit berkembang, tapi Alhamdulillah dalam dua tahun ini, Mahirah terus berkembang. Akhir 2020 semua kerugian ini bisa tertutupi dan sesuai harapan saya akan untung pada 2021 nanti," ujar Aminullah dalam keterangan tertulis, Kamis (23/4/2020).

Ia meminta pihak Mahirah untuk terus komitmen dalam meningkatkan kualitas lembaga. "Yang paling penting dan perlu kita ingat bersama, lembaga ini kita bentuk agar dapat membantu pelaku usaha kecil di kalangan masyarakat," ucap Aminullah.

Sementara itu, Dirut Mahirah Muamalah T Hanansyah mengatakan pihaknya sengaja menggelar HUT yang seharusnya tgl 27 April 2020 namun digelar hari ini bertepatan dengan HUT Kota Banda Aceh.

"Alasan kita percepat karena ada rangkaian milad Mahirah Peduli dengan membagikan paket sembako kepada nasabah yang terkena dampak COVID-19 dan para anak yatim yang agar dapat menikmati sedikit karunia Allah SWT menjelang megang dan puasa Bulan Ramadhan pada tahun ini," jelas Hanansyah.

Hanan juga melaporkan perkembangan keuangan LKMS Mahirah Muamalah selama dua tahun usianya. Asset sebesar Rp 28.6 miliar, dana pihak ketiga sebesar Rp 24,7 miliar, modal sebesar Rp 4.5 miliar, pembiayaan sebesar Rp 13.3 miliar, dan laba rugi sebesar Rp. 227 juta. Dengan NPF sebesar 2,3%, untuk tingkat kesehatan dari lembaga ini sendiri, Mahirah dikategorikan sehat. Data tersebut berdasarkan posisi (21/4/2020).

"Adapun nasabah tabungan yang berhasil dihimpun sebanyak 6302 dan jumlah debitur pembiayaan sebanyak 2051," jelas Hanan.

Hanan juga mengatakan pihaknya memohon dukungan Pemerintah Kota dalam Permodalan dan bimbingan.

"Peran Mahirah di masyarakat telah nampak, telah berkurangnya rentenir dan ini tidak terlepas dari dukungan aktif Walikota kita dalam pemberantasan riba di pasar dan kalangan masyarakat miskin yang berpendapatan rendah," pungkasnya.

Tonton juga video Sebut Corona Senjata Biologis, Bupati Pidie Minta Maaf:

(akn/ega)