Kebijakan Lockdown Dipertanyakan Jokowi, Vietnam Beri Bukti

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 23 Apr 2020 10:10 WIB
Presiden Jokowi bertemu PM Vietnam Nguyen Xuan Phuc di Bangkok, Thailand.
Presiden Jokowi dan PM Vietnam Nguyen Xuan Phuc di sela KTT ASEAN-India, Januari 2018. Terkait kasus virus corona, sejauh ini angka kematian akibat COVID-19 di Vietnam masih nihil. (Foto: Kris - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak ingin mengambil kebijakan lockdown untuk memutus rantai penularan virus corona (COVID-19) di Indonesia. Jokowi mempertanyakan negara mana yang berhasil menerapkan kebijakan tersebut.

Jokowi lebih memilih memakai kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) hingga pelarangan mudik Lebaran ketimbang lockdown. Jokowi mengatakan, Indonesia belajar dari negara lain dan menilai tidak ada negara yang berhasil mengatasi wabah corona dengan kebijakan lockdown.


"Bukan karena masalah bujet, kita kan juga belajar dari negara-negara lain. Apakah lockdown itu berhasil menyelesaikan masalah, kan tidak," kata Jokowi dalam wawancara eksklusif di acara Mata Najwa yang disiarkan Trans7, Rabu (22/4/2020) malam.

Jokowi sangat yakin akan data tersebut. "Coba tunjukkan negara mana yang berhasil melakukan lockdown dan bisa menghentikan masalah? Nggak ada menurut saya," kata Jokowi.



Rupanya Vietnam yang masih sesama negara anggota ASEAN menerapkan kebijakan lockdown dan bisa mencegah penularan virus corona. Mengutip situs John Hopkins, Kamis (23/4/2020), belum ada kasus kematian akibat virus corona di Vietnam. Jumlah kasus positif hingga saat ini tercatat sebanyak 268.

Tengah Lockdown, Ada Marching Band Keliling Jalan di Istanbul:

Selanjutnya
Halaman
1 2 3