Round-Up

Kisah Miris Warga Kelaparan Minta Nasi, Bupatinya Terjerat Korupsi

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 23 Apr 2020 05:03 WIB
Potret memilukan dua warga Muara Enim, Sumatera Selatan kelaparan dan kondisinya mengenaskan. Kini mereka telah di evakuasi ke rumah sakit.
Warga Ditemukan dalam Kondisi Kelaparan di Muara Enim (Foto: Raja Adil Siregar)
Jakarta -

Dua kakak beradik asal Desa Gelumbang, Muara Enim, Sumatera Selatan viral di media sosial lantaran ditemukan dalam kondisi kurus kering karena kelaparan. Di lain sisi, Bupati non aktif Muara Enim Ahmad Yani, sedang menjalani proses hukum di KPK karena terjerat operasi tangkap tangan (OTT) pada 3 September 2019 silam.

Video dua warga itu ditemukan oleh aparat dalam kondisi yang memprihatinkan viral di media sosial. Dalam video berdurasi 25 detik itu, terlihat ada personel Polri dan TNI yang datang ke sebuah rumah.

Di rumah itu terlihat dua kakak-adik dalam kondisi sangat kurus. Satu terbaring di atas tempat tidur dengan tubuh yang sudah kurus kering. Sedangkan satu lagi masih sanggup berdiri, tapi kurus dan terlihat tidak terurus.

"Ini kejadian di Muara Enim min. Mereka ini tinggal beduo di daerah Gelumbang. Ado kakaknyo tapi yo idupnyo pas-pasan," tulis akun @sumselreceh dalam postingannya yang dilihat detikcom pada Rabu (22/4/2020).

Mereka disebut kaget saat melihat polisi dan TNI datang. Salah satu di antaranya langsung menanyakan apakah ada yang membawa nasi.

"Pak, bawa nasi?" kata salah satunya saat polisi dan TNI datang. Mudah-mudahan cepat ditangani min, kasihan," katanya.

Kapolres Muara Enim AKBP Donni Eka membenarkan kabar tersebut. Keduanya ditemukan saat polisi dan TNI datang untuk melakukan bakti sosial serentak COVID-19. Dia mengatakan timnya bakal kembali untuk memberi bantuan medis kepada dua warga itu.

"Kejadian benar di Gelumbang, itu kemarin kita tahu saat bakti sosial. Dua kakak-adik, tinggal di rumah orang tuanya yang sudah meninggal dan tidak terurus," ujar Donni.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3