Jokowi Larang Mudik, Kemlu Imbau WNI di LN Tak Pulang ke Tanah Air

Rahel Narda C - detikNews
Rabu, 22 Apr 2020 16:23 WIB
Plt Jubir Kemlu Teuku Faizasyah.
Kemlu mengimbau WNI di luar negeri tak pulang ke Tanah Air (Foto: Plt Jubir Kemlu Faizasyah/Andhika-detikcom)
Jakarta -

Pemerintah telah mengumumkan larangan mudik saat lebaran tahun 2020 akibat pandemi virus Corona (COVID-19). Kementerian Luar Negeri (Kemlu) mengimbau para warga negara Indonesia (WNI) di luar negeri agar tidak mudik.

"Sejalan dengan imbauan pemerintah untuk tidak melakukan mudik. Perwakilan kita di luar negeri juga melakukan upaya mengimbau, memberikan imbauan kepada masyarakat," kata Plt Jubir Kemlu Teuku Faizasyah dalam telekonferensi pada Rabu (22/4/2020).

Dia mencontohkan Singapura. Menurutnya, duta besar Singapura telah memberikan imbauan agar WNI tidak pulang kampung ke Indonesia.

"Misalnya di Singapura, dubesnya juga telah memberikan imbauan kesempatan berdialog dengan masyarakat di sana dengan memberikan imbauan untuk tetap tinggal di Singapura, dengan demikian tidak ada keperluan untuk kembali ke tanah air," ujar Teuku.

Faizasyah juga menyoroti WNI di Malaysia yang memiliki kecenderungan mudik setiap lebaran. Dia mengatakan adanya movement control order (MCO) dan bantuan sembako bagi WNI di Malaysia dapat membuat WNI tidak pulang ke Indonesia saat lebaran.

"Makanya pemerintah Indonesia sangat aktif membagikan paket-paket sembako. Salah satu yang diharpakan masyarakat bisa tetap tinggal di sana dan tidak memutuskan kembali ke tanah air," ujar Teuku Faizasyah.

Selanjutnya
Halaman
1 2