Napi Asimilasi di Jakut Kembali Ditangkap Usai Curi 3 Ponsel

Isal Mawardi - detikNews
Rabu, 22 Apr 2020 16:23 WIB
Polda Metro Jaya kembali berhasil gagalkan penyelundupan narkoba jaringan internasional. Tersangka adalah narapidanan yang masih ditahan di lapas.
ilustrasi (Foto: Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta -

Seorang narapidana di Jakarta Utara yang baru bebas usai mendapatkan program asimilasi Corona dari Kemenkum HAM RI, kembali ditangkap pihak kepolisian. Napi bernama Hari Susanto itu ditangkap usai mencuri 3 buah ponsel.

"Napi ini sudah melakukan pencurian 3 kali pada tanggal 10 April 2020," ujar Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Utara Kompol Wirdhanto Hadicaksono di Polres Metro Jakarta Utara, Jakarta, Rabu (22/4/2020).

Pelaku melakukan aksi pencurian tersebut di wilayah Pademangan, Jakarta Utara. Warga yang merasa kehilangan ponsel, melapor ke Polsek Pademangan. Polisi lalu bergerak melakukan penyelidikan.

"(Pelaku) ditangkap tanggal 12 April," kata Wirdhanto.

Setelah dilakukan pendataan, pelaku rupanya sempat ditahan di Lapas Kelas 1 Cipinang karena kasus narkotika dengan hukuman 4 tahun penjara. Ia telah menjalani 2/3 masa hukumannya dan mendapatkan program asimilasi.

"Untuk menjalani sisa pidananya sebagaimana arahan Kemenkum HAM, bahwa napi asimilasi yang terbukti melakukan tindak pidana baru ada 3 proses, nanti akan dikembalikan dan ditempatkan di sel khusus, kedua akan menjalani sisa pidananya dan ketiga terkait pidana barunya akan diproses," tandasnya.

Saat ini pelaku masih diperiksa di Polres Jakarta Utara. Polisi akan segera melimpahkan pelaku kembali ke Lapas setelah proses pemeriksaan selesai.

(isa/mei)