Round-Up

Larangan Mudik demi Corona Tak Makin Pandemik

Tim Detikcom - detikNews
Rabu, 22 Apr 2020 06:35 WIB
Pemerintah resmi melarang mudik Lebaran bagi masyarakat di tengah masa pandemi Corona. Yuk, lihat lagi momen-momen mudik yang pastinya sangat dirindukan.
Ilustrasi mudik/Foto: Dok. detikcom
Jakarta -

Pemerintah resmi melarang mudik lebaran bagi semua masyarakat. Akan ada ketentuan dan sanksi yang disiapkan bila larangan ini dilanggar.

Larangan mudik ini tak lain untuk mencegah penularan virus Corona. Pemerintah ingin memutus mata rantai penularan pandemik ini.

Presiden Joko Widodo mengatakan, sebelumnya larangan mudik berlaku bagi pegawai negeri sipil (PNS), pegawai BUMN dan TNI-Polri. Namun, kini larangan mudik berlaku bagi seluruh warga.

"Pada rapat hari ini, saya ingin menyampaikan juga bahwa mudik semuanya akan kita larang," kata Jokowi dalam ratas kemarin.

Jokowi menjelaskan, berdasarkan survei Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang disampaikan Jokowi, ada 68 persen masyarakat yang tidak mudik, 24 persen ingin mudik, dan 7 persen sudah mudik.

Jokowi menekankan angka 24 persen ini masih cukup tinggi.

"Dari hasil kajian-kajian yang ada di lapangan, pendalaman yang ada di lapangan, kemudian juga hasil survei dari Kemenhub, disampaikan bahwa yang tidak mudik 68 persen, yang tetap masih berkeras mudik 24 persen, yang sudah mudik 7 persen. Artinya, masih ada angka yang sangat besar, yaitu 24 persen tadi," kata Jokowi.

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2