Sembuh dari COVID-19, Andi Darussalam Isolasi Mandiri di Rumah

Muhammad Nur Abdurrahman - detikNews
Selasa, 21 Apr 2020 19:54 WIB
Dwi Irianto alias Mbah Putih dan Andi Darussalam Tabussala
Andi Darussalam Tabusalla (Uje Hartono/detikSport)
Makassar -

Usai menjalani karantina selama 14 hari di RS Unhas, eks Ketua Badan Liga Indonesia Andi Darussalam Tabusalla (ADS) dinyatakan sembuh dari Corona (COVID-19). ADS akan melanjutkan isolasi mandiri di rumahnya selama sepekan.

Putra ADS, Andi Devo Khaddafi, menyebutkan ADS telah diperbolehkan tim dokter RS Unhas kembali ke rumah usai dinyatakan sembuh berdasarkan tes swab terakhir yang hasilnya negatif. ADS menjalani karantina di RS Unhas selama dua pekan, sejak Selasa (7/4) lalu.

"Puang kembali ke rumah pukul 16.00 Wita sore tadi, setelah tim dokter menyatakan sembuh usai dilakukan pemeriksaan swab dengan hasil negatif, sekarang beliau lanjut isolasi mandiri di rumah selama 1 minggu," ujar Devo saat dikonfirmasi detikcom, Selasa (21/4/2020).

Devo menambahkan ayahnya sebenarnya bisa lebih cepat pulang karena berstatus OTG. Namun untuk kepentingan observasi dan antisipasi atas penyakit bawaan ayahnya, proses karantina dilakukan sesuai standar penanganan COVID-19 yang dikeluarkan WHO, yakni selama 14 hari.

"Puang menjalani karantina setelah diketahui positif COVID-19 dengan status OTG (orang tanpa gejala), beliau dengan kesadaran melakukan isolasi agar tidak ikut menyebarkan ke orang lain," pungkas mantan Kabiro Humas Pemprov Sulsel ini.

(mna/jbr)