Cara Asyik Ajari Anak Belajar Matematika Saat Pandemi Corona

Elza Astari Retaduari - detikNews
Selasa, 21 Apr 2020 18:04 WIB
Ridwan Hasan Saputra, gemar matematika bersama pak ridwan
Foto: Ridwan Hasan Saputra. (Dok Pribadi).

Pelajaran yang diajarkan Ridwan dalam segmen di 'Gemar Belajar Bareng Pak Ridwan' menyesuaikan tingkatan kelas. Karena berdasarkan nalar, kata pria yang mengawali karirnya sebagai guru itu, kurikulum apapun nantinya akan masih cocok menggunakan metode ini.

"Pertanyaan nyesuain kelasnya. Kurikulum apapun tetap terpakai. Kalau konsep 2 tambah 3 jadi 5 nggak akan berubah2-ubah kan," ucap Ridwan.

Ridwan merasa senang program yang dibuatnya kini mendapat positif dari masyarakat. Program yang awalnya disiarkan di TV Edukasi itu kini disiarkan berkala oleh Stasiun TVRI. Apalagi saat membawakan acara ini, Ridwan tampil unik dengan menggunakan baju adat yang berbeda-beda setiap episodenya.

Ridwan Hasan Saputra, gemar matematika bersama pak ridwanRidwan Hasan Saputra saat syuting "Gemar Matematika bersama Pak Ridwan'. (Foto: Dok Pribadi).

Selain punya konsep belajar yang mudah untuk anak, kini Ridwan juga membuat permainan bagi anak. Permaian yang diberi nama physical distancing cartesians games. Bentuknya seperti monopoli.

"Belajar matematika sambil belajar physical distancing. Saya jual di kantor saya, KPM. Saya tawarkan juga untuk sekolah yang kurang mampu 50 paket permainan selama masih ada, karena kami ada donatur kan. Nanti bisa dibagikan ke murid-muridnya," tutur Ridwan.

Saat PSBB karena pandemi Corona ini, Ridwan memiliki pesan untuk semua anak-anak sekolah. Dia juga mengajak orangtua untuk lebih kreatif lagi mendampingi anak belajar dari rumah.

"Pesan saya sih mereka tetap di rumah, dan bermain sambil belajar matematika, jadi ibaratnya jangan bosen belajar aja. Main tapi yang ada matematika, misal puzzle," kata dia.

"Usahakan walau di rumah harus tetap aktivitas positif jangan hanya nonton terus jadi kurang bergerak. Orang tua harus melakukan interaksi dengan anak-anak," tutup Ridwan.


(elz/fjp)