Jokowi Larang Mudik, Wali Kota Jaksel Tunggu Arahan Anies

Farih Maulana Sidik - detikNews
Selasa, 21 Apr 2020 14:47 WIB
Wali Kota Jaksel Marullah
Wali Kota Jakarta Selatan Marullah Matali (Yuni Ayu/detikcom)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melarang warga mudik untuk mencegah penularan virus Corona (COVID-19). Pemkot Jakarta Selatan mengikuti aturan pemerintah pusat. Namun, terkait mekanisme pelaksanaannya, Pemkot Jaksel masih menunggu arahan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Ya pelarangannya diikuti lah tentunya. Modelnya kayak apa, nanti kita akan duduk bersama-sama dengan para camat, lurah, RT/RW segala macam," kata Wali Kota Jaksel Marullah saat dihubungi detikcom, Selasa (21/4/2020).

Marullah mengaku belum mengetahui keputusan larangan mudik tersebut secara detail. Saat ditanya apakah bakal ada penutupan terminal di Jakarta Selatan, misalnya Terminal Lebak Bulus, Marullah mengatakan pihaknya masih menunggu arahan dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Kalau yang nutup Lebak Bulus dan segala macam itu Dinas Perhubungan. Dinas Perhubungan itu diarahin sama Pak Gubernur (Anies Baswedan), yang kasih pengarahan pak gubernur. Saya cuma kasih masukan saja," katanya.

Marullah menyebut tindak lanjut keputusan pemerintah untuk diterapkan di tingkat kota akan dibahas terlebih dahulu di tingkat provinsi. Dia berharap keputusan pelarangan mudik itu dapat mencegah penyebaran virus secara signifikan.

"Pasti nanti akan ada respon dari Pemprov DKI, mudah-mudahan dukungannya akan semakin signifikan untuk mencegah COVID-19," pungkasnya.

Jokowi Larang Seluruh Warga Mudik Lebaran Tahun Ini!:

(fas/mea)