Pegawainya Positif Corona, Pelni Pastikan Kantor Cabang Parepare Tetap Buka

Yulida Medistiara - detikNews
Selasa, 21 Apr 2020 13:20 WIB
Poster
Foto: Edi Wahyono
Jakarta -

Salah seorang pegawai PT Pelni (Persero) cabang Parepare, Sulawesi Selatan, positif terinfeksi virus Corona (COVID-19). Pelni memastikan pelayanan kantor cabang Parepare tetap berjalan.

"Saat ini yang bersangkutan (pegawai yang positif Corona) telah mendapatkan perawatan medis dengan baik," kata Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT Pelni, Yahya Kuncoro dalam keterangan tertulis, Selasa (21/4/2020).

Yahya mengatakan kantor cabang Pelni di Parepare tetap buka untuk melayani calon penumpang yang ingin membatalkan perjalanan. Calon penumpang dapat melakukan pengembalian di loket Pelni maksimal 1x24 jam sebelum jadwal keberangkatan.

"Untuk mengakomodir permintaan pembatalan tiket, calon penumpang dapat melakukan refund pada loket Pelni dengan membawa identitas. Pengembalian uang tiket akan dilakukan sesuai ketentuan yang berlaku," ujarnya.

Selain itu Pelni juga mengingatkan untuk selalu menjaga jarak (physical distancing) 1 hingga 2 meter ketika mengantre dan mengenakan masker selama berada di area kantor cabang.

"Kami himbau kepada calon penumpang untuk tetap memperhatikan kesehatan dengan menggunakan masker dan jaga jarak satu sama lain ketika mengantri," ungkapnya.

Sementara itu, terkait adanya penutupan pelabuhan di sejumlah wilayah, beberapa kapal Pelni mulai tidak menyinggahi Pelabuhan Parepare dan melakukan port stay terhadap kapalnya. Manajemen terus melakukan koordinasi secara intensif dengan Kementerian Perhubungan selaku regulator, terkait dengan penyesuaian trayek kapal untuk kondisi saat ini.

"Kami juga telah menginstruksikan kepada seluruh cabang dan petugas kapal untuk dapat standby bila sewaktu-waktu kapal dioperasikan karena kapal-kapal kami juga melayani muatan logistik," tuturnya.

Sebagai informasi, seluruh kapal milik PT Pelni juga dioperasikan untuk mengangkut sejumlah muatan logistik menuju wilayah di Indonesia.

"Masyarakat dapat menghubungi call center Pelni 162 serta mengakses akun media sosial resmi Perusahaan untuk mengetahui informasi terkait kapal dan jadwal terbaru," ungkap Yahya.

PELNI sebagai Perusahaan Badan Usaha Milik Negara yang bergerak pada bidang transportasi laut hingga saat ini telah mengoperasikan sebanyak 26 kapal penumpang dan menyinggahi 83 pelabuhan serta melayani 1.100 ruas. Selain angkutan penumpang, PELNI juga melayani 45 trayek kapal perintis yang menjadi sarana aksesibilitas bagi mobilitas penduduk di daerah T3P dimana kapal perintis menyinggahi 275 pelabuhan dengan 3.739 ruas.

Berat Banget! Ini Cerita Perawat Menangani Pasien Covid-19:

(yld/zak)