Diminta Buat Pedoman Pemidanaan Tipikor, MA: Sudah Tahap Finalisasi

Ibnu Hariyanto - detikNews
Selasa, 21 Apr 2020 12:14 WIB
Andi Samsan Nganro
Andi Samsan Nganro (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Mahkamah Agung (MA) mengatakan pihaknya tengah menyusun pedoman pemidanaan terkait perkara tindak pidana korupsi (Tipikor). MA mengaku pembahasan pedoman pemidanaan bagi tindak pidana korupsi itu sudah masuk tahap finalisasi dan ditargetkan tuntas tahun ini.

"Pembahasannya saat ini sudah sampai pada tahap kesimpulan dan finalisasi rancangan pedoman pemidanaan tindak pidana korupsi. Diharapkan rancangan Pedoman Pemidanaan tersebut selesai tahun ini," kata jubir MA, Andi Samsan Ngaro, kepada wartawan, Selasa (21/4/2020).

Andi mengakui pedoman pemidanaan tersebut memang sangat diperlukan. Bahkan ia mengatakan perihal pedoman pemidanaan itu sebenarnya sudah jadi pembahasan di MA sejak 1980-an. Untuk itu, Andi mengatakan pada awal tahun lalu, MA kembali serius membahas tentang penyusunan pedoman pemidanaan, khususnya perkara tipikor.

"Menyadari perlunya Pedoman Pemidanaan, khususnya dalam perkara korupsi, MA pada awal tahun yang lalu memang telah membentuk kelompok kerja (Pokja) penyusunan pedoman pemidanaan perkara tindak pidana korupsi. Pembentukan Pokja tersebut berdasarkan Keputusan Ketua MA-RI Nomor 189/KMA/SK/IX/2018," ujarnya.