Round-Up

Saling Silang Pemerintah-FKM UI soal Corona Masuk RI Sejak Januari

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 21 Apr 2020 08:44 WIB
Poster
Ilustrasi Corona (Foto: Edi Wahyono)

Karena itu, Pandu menegaskan bahwa analisisnya mengenai kasus Corona masuk ke Indonesia itu berdasarkan laporan dari data pemerintah. Hanya, menurut Pandu, pemerintah tidak memanfaatkan data itu dengan baik.

"Iya, nggak mungkin saya menarik kesimpulan dari anggota artinya mereka itu tidak sensitif dengan isu kemungkinan pandemi ini, sehingga nyalah-nyalahin orang lain padahal mereka sendiri tidak memanfaatkan hasil surveillance dan tidak memperbaiki mempertanyakan kok hasilnya masih negatif," ujar dia.

Pandu juga mencontohkan kasus positif 1 dan 2 yang awalnya didiagnosis penyakit lain. Menurut dia, tidak ada peringatan dini dari pemerintah untuk menghadapi kemungkinan besar Corona sudah menyebar di Indonesia.

"Nggak ada satu alarm atau peringatan dini dari kementerian kesehatan karena tidak menyadari kemungkinan besar virus itu sudah di Indonesia, penginnya dibantah, penginnya Indonesia bebas Corona. Semangatnya seperti itu, jadi mereka itu denial sejak awal, jangan nyalahin orang lain, mereka itu lalai dan menurut saya itu tidak memanfaatkan data yang sudah ada, denial terus sampai sekarang," beber dia.

Halaman

(knv/isa)