2 Kru KM Bukit Raya Dirujuk ke RS Terkait Corona

Yulida Medistiara - detikNews
Senin, 20 Apr 2020 22:02 WIB
Poster
Foto Ilustrasi virus Corona. (Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

Dua kru kapal motor (KM) Bukit Raya dirujuk ke rumah sakit karena terindikasi terkait virus Corona (COVID-19). Kedua kru kapal tersebut telah menjalani rapid test dan akan menjalani perawatan selanjutnya di RS Darurat COVID-19.

PT Pelni (Persero) bersama KKP Tanjung Priok dan dinas kesehatan melakukan pengecekan kesehatan dan rapid diagnostic test (RDT) terhadap 86 orang kru KM Bukit Raya saat tiba di Tanjung Priok pagi ini. Sebelumnya, kapal tersebut berlayar dari Pelabuhan Pontianak pada Sabtu (18/4).

"Pagi ini telah dilakukan pemeriksaan kesehatan serta RDT terhadap 86 kru KM Bukit Raya. Berdasarkan hasil tes, sebanyak 84 kru dinyatakan negatif, sedangkan 2 kru lainnya menunjukkan hasil tes yang reaktif. Kini keduanya telah dirujuk ke Rumah Sakit Darurat COVID-19 untuk penanganan medis lebih lanjut," kata Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT PELNI (Persero), Yahya Kuncoro, dalam keterangannya, Senin (20/4/2020).

Kedua kru kapal itu juga telah menjalani tes swab. Yahya mengatakan akan terus memantau perkembangan kesehatan kru KM Bukit Raya, terutama bagi dua orang yang saat ini dirujuk ke rumah sakit dan menunggu hasil pemeriksaan swab keduanya.

Sementara itu, KM Bukit Raya akan melakukan karantina (tidak berlayar) dan portstay di Pelabuhan Tanjung Priok. Kemudian 84 kru KM Bukit Raya akan menjalani isolasi mandiri dengan pengawasan yang ketat dan tetap menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS).

"Selama pelaksanaan isolasi mandiri, manajemen akan mengawasi pola aktivitas dan pola istirahat seluruh kru kapal. Kami juga akan menyediakan multivitamin untuk meningkatkan imunitas tubuh di tengah situasi COVID-19," ungkap Yahya.