Belasan Rumah Rusak, Ini Pemicu Bentrokan Maut di Sentani

Jabbar Ramdhani - detikNews
Senin, 20 Apr 2020 19:19 WIB
Kepala Bidang Humas Polda Papua Kombes Ahmad Mustofa Kamal
Kepala Bidang Humas Polda Papua Kombes Ahmad Mustofa Kamal (dok. detikcom)
Jakarta -

Bentrokan di Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, terjadi antara warga Kampung Kehiran I dengan warga Kampung Toware. Bentrokan diduga terjadi akibat salah paham sehingga berujung pada perusakan dan pembakaran rumah warga.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa Kamal menjelaskan bentrokan berawal pada Sabtu (18/4) saat seseorang bernama Nimbrot Tungkoye yang sedang dalam pengaruhi minuman keras datang ke Kampung Kehiran. Saat itu terjadi perusakan rumah salah satu warga.

Lalu pada Minggu (19/4), Nimbrot Tungkoye memukul pemimpin adat (ondoafi) Kehiran I. Masyarakat yang tidak terima atas kejadian tersebut dan langsung menyerang warga Kampung Toware menggunakan alat tajam parang, panah dan lain-lain yang mengakibatkan Nimbrot Tungkoye mengalami luka hantaman di bagian kepala sebelah kiri.

"Beberapa menit kemudian masyarakat Kehiran I mendengar bahwa ondoafi Kehiran I dipukul oleh massa dari Kampung Toware. Selanjutnya massa dari kampung Kehiran I yang dibantu masyarakat dari Kampung Yoboi melakukan penyerangan dan membakar rumah warga Kampung Toware," ujar Kombes Kamal, Senin (20/4/2020).

Selanjutnya
Halaman
1 2