Mendes PDTT: 8.954 Desa Sudah Tangani 24.519 ODP Corona

Luqman Nurhadi Arunanta - detikNews
Minggu, 19 Apr 2020 16:55 WIB
Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar memberangkatkan 100 KK dari Jawa Timur untuk mengikuti program transmigrasi ke Kalimantan Utara. Halim mengatakan, pihaknya akan terus memantau kondisi para transmigran di sana.
Mendes Abdul Halim Iskandar (Hilda Meilisa Rinanda/detikcom)
Jakarta -

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar mengatakan sebanyak 8.945 desa sudah menangani 24.519 orang dalam pemantauan (ODP). Hal itu dilakukan sebagai upaya pencegahan dan pengawasan virus Corona.

"Alhamdulillah hari ini desa yang sudah menyiapkan ruang isolasi untuk kepentingan ODP yang datang ke desa dengan segala fasilitas yang tersedia itu ada 8.954 desa dengan fasilitas kurang-lebih 35 ribu tempat tidur," kata Abdul melalui siaran langsung dari YouTube BNPB, Minggu (19/4/2020).

"Sedangkan untuk desa yang sudah melakukan penanganan ODP dari 8.954 desa tadi sudah menangani 24.519 ODP," tambahnya.

Abdul mengatakan sudah ada 40 ribu desa yang membentuk relawan COVID-19. Mereka ditugasi untuk memantau dan mengawasi pemudik yang otomatis berstatus ODP saat kembali dari perantauan.

"Di dalam salah satu tugas relawan adalah membentuk pos jaga desa. Pos jaga desa ini satu hal yang sangat penting hari ini untuk memantau mobilitas warga desa, baik warga desa yang dari dalam mau keluar," ujar Abdul.

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2